Wiwi
Wiwi

Jumat, 06 Mei 2022 19:27

Tips Arus Balik Agar Anak Tidak Mabuk Perjalanan

Tips Arus Balik Agar Anak Tidak Mabuk Perjalanan

Jika sang buah hati sulit memberi tahu kondisi mereka, maka mabuk perjalanan membuat anak menjadi pemarah, sering menguap, berkeringat, pucat dan gelisah.

BUKAMATA - Anak sering terkena mabuk perjalanan saat arus balik lebaran. Apalagi kendaraan sedang memenuhi jalan seperti akhir pekan ini.

Menurut Pusat Medis Universitas Rochester, dalam otak anak mendapat pesan yang berbeda apabila si kecil duduk terlalu rendah, untuk melihat jendela.


Atau saat anak melihat ke bawah dan membaca pada saat yang bersamaan kemungkinan menjadi sebab mabuk perjalanan.

Ketidakcocokan pesan yang diterima otak, mengakibatkan sakit perut pada anak-anak dan bisa berujung mabuk perjalanan.


Jika sang buah hati sulit memberi tahu kondisi mereka, maka mabuk perjalanan membuat anak menjadi pemarah, sering menguap, berkeringat, pucat dan gelisah.

Berikut beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak:

Sering amati anak

Kursi pengaman atau posisi duduk anak anda letakkan pada posisi yang lebih tinggi, agar mereka dapat melihat pemandangan melalui kaca. Sedangkan bagi anak-anak dibawah usia 2 tahun harus menghadap ke belakang di dalam mobil.

Hiburlah anak-anak

Buat anak-anak sibuk dengan kegiatan yang menghentikan mereka dari melihat ke bawah. Cobalah putar musik yang disukai atau melihat hal-hal di luar kendaraan daripada berfokus pada buku, permainan, atau layar. Jika anda mengendarai motor, tidurkan anak agar membantu perjalanan mudik.

Dapatkan ventilasi udara

Dikutip dari situs healthline, ventilasi udara yang cukup dapat membantu mencegah mabuk perjalanan. Apabila cuaca tidak mendukung, pertimbangkan untuk membawa kipas angin.

Siapkan bekal cukup

Makan makanan ringan, seperti biskuit asin dapat meredakan mual, dan minum minuman air mineral atau minuman hangat seperti wedhang jahe.

Hindari makanan berat, berminyak atau asam, dan minuman kafein, termasuk kopi dan soda tertentu yang memperburuk mabuk perjalanan pada anak.

#Mudik #arus balik mudik #mabuk perjalanan #mual