Hikmah
Hikmah

Kamis, 21 April 2022 21:20

Prominens 98 FK UMI Berbagi Penderita Anak Kanker YKAKI

Prominens 98 FK UMI Berbagi Penderita Anak Kanker YKAKI

Dari hasil donasi yang dikumpulkan oleh keluarga besar prominens 98 FK UMI dapat membantu 14 orang penderita kanker anak, 17 orang tua pasien serta 6 orang pengurus rumah singgah.

MAKASSAR, BUKAMATA - Setiap bulan Ramadan sudah menjadi program wajib bagi keluarga besar Prominens Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia berbagi kepada sesama. Pada Ramadan tahun ini, 1443 H tahun 2022 , prominens FK UMI menyambangi Rumah Singgah bagi penderita kanker khusus anak bersama orang tua nya yang melakukan pengobatan rumah sakit di makassar. 

"Tahun ini cukup berbeda karena ini pertama kalinya kami menyambangi rumah singgah, " ujar Ketua Angkatan Prominens FK UMI dr Wachyudi Muchsin SH MKes Kamis (21/4/2022 ) 

Dokter Koboi, sapaan akrab dr Wachyudi, mengatakan, sesuai data dari Ketua Panitia Ramadhan Berbagi 2022, Dr dr Shofiya Latief Sp.Rad MKes saat ini anak penderita kanker yang ada di rumah singgah merupakan binaan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). 

Dari hasil donasi yang dikumpulkan oleh keluarga besar prominens 98 FK UMI dapat membantu 14 orang penderita kanker anak, 17 orang tua pasien serta 6 orang pengurus rumah singgah. 

"Walau sederhana semoga bermanfaat bukan sekedar sumbangan namun komitmen kami untuk memberikan pendampingan baik pasien , keluarga pasien dan pengelola agar anak anak penderita kanker bisa mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal harapan bisa sembuh, "pungkas Dokter Yudi . 

Sementara itu, dr Rima Frisandi Sp.THT MKes dan dr Eka Yusuf Inra Kartika Sp.A MKes tidak bisa menahan haru saat berinteraksi dengan penderita kanker serta orang tua. Data dari pengelola yayasan menyebutkan terbanyak penderita leukemia (kanker darah), kedua retinoblastoma (kanker di mata), neuroblastoma (kanker saraf) terakhir nefroblastoma (kanker ginjal) yang ada di rumah singgah YKAKI

 “ Mereka semua sangat tangguh serta sabar dalam menghadapi penyakit yang amat menakutkan ini , banyak pembelajaran hidup mereka berikan,“ kata dr Rima. 

Komitmen Prominens disambut ketua IKA Fakultas Kedokteran UMI DR dr Hj Muji Iswanty SH SpKK MH MKes yang turut hadir. Pihaknya mengatakan akan berkoordinasi dengan seluruh kedokteran UMI untuk bisa bersama membantu misi mulia ini.

"Baik dalam pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan rutin , ikut berbagi ilmu , mendongeng atau menyumbangkan rejeki bisa meringankan anak anak kita yang menderita kanker, " beber muji .

#Prominens FK UMI #Ramadan #YKAKI