Redaksi
Redaksi

Rabu, 09 Maret 2022 17:18

Tanda Aneh di Gigi Kera Jepang Ada Kaitan dengan Evolusi Manusia

Tanda Aneh di Gigi Kera Jepang Ada Kaitan dengan Evolusi Manusia

Mereka percaya interpretasi keausan serupa dalam sampel manusia prasejarah sebagai indikasi penggunaan alat "mungkin perlu dipertimbangkan kembali".

BUKAMATA - Penemuan tanda yang tidak biasa pada gigi kera liar Jepang mungkin memiliki dampak signifikan tekait evolusi manusia. Dalam studi baru, peneliti menemukan tanda-tanda keausan pada gigi kera, sama seperti yang terjadi pada manusia purba.

Tanda-tanda gigi yang aus itu selama ini dianggap berkaitan dengan kebiasaan nenek moyang manusia. Para ahli berpendapat, keausan gigi manusia purba disebabkan dari cara orang purba mengolah kulit hewan dengan bantuan gigi mereka.

Dalam penelitian sebelumnya, para arkeolog telah menemukan alur “tusuk gigi” pada gigi manusia purba. Yang diduga disebabkan oleh alat yang ditempatkan di antara gigi belakang untuk menghilangkan sisa makanan atau menghilangkan rasa sakit.

Namun sebuah studi baru, yang diterbitkan minggu lalu di jurnal American Journal of Biological Anthropology , menemukan keausan gigi identik pada kera Jepang yang tidak menggunakan alat, dikutip dari Independent, Rabu (9/3/2022).

Pada monyet-monyet ini, para peneliti sekarang percaya bahwa "penelanan pasir yang tidak disengaja" dan "pemrosesan moluska laut secara lisan" dapat menyebabkan tanda seperti tusuk gigi ini.

Mereka percaya interpretasi keausan serupa dalam sampel manusia prasejarah sebagai indikasi penggunaan alat "mungkin perlu dipertimbangkan kembali".

“Hingga kini, goresan besar pada gigi depan fosil manusia dianggap disebabkan oleh perilaku yang disebut 'stuff and cut', di mana benda seperti kulit binatang diselipkan di antara gigi depan dan alat batu. digunakan untuk mengiris,” Ian Towle, rekan penulis studi dari University of Otago di Selandia Baru, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Studi baru menemukan bahwa lekukan seperti tusuk gigi pada gigi belakang dan goresan seragam yang besar pada gigi depan kera sebenarnya disebabkan oleh memakan kerang dari batu dan secara tidak sengaja mengunyah pasir dan pasir dengan makanan mereka.

Para ilmuwan mengatakan kelompok kera ini terkenal karena melakukan perilaku luar biasa seperti mencuci makanan di air dan mengonsumsi ikan, dan telah dipelajari selama lebih dari 70 tahun.

#evolusi #Unik