Redaksi
Redaksi

Kamis, 10 Maret 2022 21:11

Kapal Legendaris yang Hilang 100 Tahun Lalu Kini Ditemukan

Kapal Legendaris yang Hilang 100 Tahun Lalu Kini Ditemukan

Puing-puing kapal legendaris Endurance yang hilang lebih dari satu abad lalu akhirnya ditemukan. Kapal itu hancur oleh es selama ekspedisi ke Antartika dan tenggelam di perairan sekitar Kutub Selatan.

BUKAMATA - Puing-puing kapal legendaris Endurance yang hilang lebih dari satu abad lalu akhirnya ditemukan. Kapal itu hancur oleh es selama ekspedisi ke Antartika dan tenggelam di perairan sekitar Kutub Selatan.

Endurance buatan Norwegia menuju Antartika pada tahun 1915 selama Ekspedisi Trans-Antartika Kekaisaran dan dipimpin oleh penjelajah Inggris Ernest Shackleton dengan awak lebih dari dua lusin.

Dalam perjalanan, kapal itu dihancurkan oleh bongkahan es di Laut Weddell dan tenggelam. Semua kru selamat, dikutip dari UPI, Kamis (10/3/2022).

Sisa-sisa kapal menjadi misteri selama lebih dari 100 tahun sampai pencarian baru akhirnya menemukan bangkai kapal itu Sabtu lalu.

Kapal yang tenggelam itu terletak hampir 2 mil di bawah air es di Samudra Selatan dan 4 mil di selatan tempat kapten kapal melaporkan bahwa kapal itu tenggelam, kata para ilmuwan.

Tim peneliti bekerja dari penelitian kutub Afrika Selatan dan kapal logistik SA Agulhas II. Bangkai kapal dilindungi sebagai Situs Bersejarah dan Monumen di bawah Perjanjian Antartika, yang memungkinkannya untuk disurvei dan difilmkan, tetapi tidak diganggu.

#Unik