Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Selasa, 16 November 2021 08:34

Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, menyerahkan Feasibility Study (FS) dan DED Pengembangan Pelabuhan Belopa, kepada Staf Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Palopo, Juraid Sulaeman, di Rumah Jabatan Bupati, Senin, 15 November 2021.
Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, menyerahkan Feasibility Study (FS) dan DED Pengembangan Pelabuhan Belopa, kepada Staf Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Palopo, Juraid Sulaeman, di Rumah Jabatan Bupati, Senin, 15 November 2021.

Basmin Mattayang Serahkan FS dan DED Pengembangan Pelabuhan Belopa ke Kemenhub

Jika penambahan dermaga Pelabuhan Belopa disetujui pembangunannya, maka kedepannya pelabuhan tersebut mampu menampung dua unit kapal barang dengan kapasitas 8.000 ton.

LUWU, BUKAMATA - Pemerintah Kabupaten Luwu mengajukan usulan penambahan Dermaga Pelabuhan Belopa ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Usulan ini diserahkan langsung Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, kepada Staf Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Palopo, Juraid Sulaeman, di Rumah Jabatan Bupati, Senin, 15 November 2021.

"Usulan penambahan dermaga Pelabuhan Belopa telah kita ajukan ke Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel sejak tahun 2020," kata Basmin.

Ia mengungkapkan, Dinas Perhubungan Sulsel telah menerbitkan Feasibility Study (FS) dan DED Pengembangan Pelabuhan Belopa. "Kedua dokumen inilah yang kita serahkan ke Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Palopo untuk kemudian diteruskan ke Kementerian Perhubungan," jelasnya.

Bupati berharap, usulan penambahan dermaga ini dapat cepat direspon dan pembangunannya bisa berjalan pada tahun 2022 mendatang. Dengan penambahan dermaga ini, Pelabuhan Belopa bisa dipergunakan untuk angkutan barang yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Luwu.

"Semoga pengusulan ini cepat ditanggapi sehingga pembangunannya dapat berjalan pada tahun depan," harapnya.

Sementara, Staf Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Palopo, Juraid Sulaeman, mengaku akan segera menindaklanjuti pengusulan tersebut berdasarkan dokumen FS dan DED pengembangan Pelabuhan Belopa dari Pemerintah Kabupaten Luwu

"Dengan adanya dokumen FS dan DED ini, kami akan segera menindaklanjutinya dan semoga tahun 2022 mendatang tahapan pembangunannya bisa dimulai sesuai harapan kita bersama. Karena dananya dari pusat, jadi kemungkinan akan dilakukan beberapa tahap sesuai anggaran yang diberikan," jelas Juraid.

Ia juga memberikan gambaran, jika penambahan dermaga Pelabuhan Belopa disetujui pembangunannya, maka kedepannya pelabuhan tersebut mampu menampung dua unit kapal barang dengan kapasitas 8.000 ton.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu, Supriadi, yang turut mendampingi Bupati saat penyerahan dokumen FS dan DED, berharap, dengan pengembangan Pelabuhan Belopa, dapat mendukung perkembangan moda transportasi di Kabupaten Luwu, yakni transportasi laut, darat dan udara. (*)

Penulis: Adhyaksa

#Basmin Mattayang #Pelabuhan Belopa #Kemenhub