Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Jumat, 12 November 2021 17:51

Bupati Maros Chaidir Syam, membuka Pra Pekan Olahraga Provinsi untuk cabang olahraga Panahan, di Lapangan Pakalu, Bantimurung, Jumat, 12 November 2021.
Bupati Maros Chaidir Syam, membuka Pra Pekan Olahraga Provinsi untuk cabang olahraga Panahan, di Lapangan Pakalu, Bantimurung, Jumat, 12 November 2021.

Maros Jadi Tuan Rumah, Chaidir Syam Buka Pra Pekan Olahraga Provinsi Cabor Panahan

Pada ajang ini, Maros mengikutsertakan 15 atlet. 14 yang akan ikut bertanding, dan satu atlet untuk divisi eksibisi.

MAROS, BUKAMATA - Kabupaten Maros menjadi tuan rumah Pra Pekan Olahraga Provinsi untuk cabang olahraga Panahan.

Bupati Maros Chaidir Syam, membuka pekan olahraga tersebut, di Lapangan Pakalu, Bantimurung, Jumat, 12 November 2021.

Chaidir mengatakan, setiap event olahraga yang paling penting adalah menjunjung tinggi sportivitas. "Sebab sportivitas adalah hal yang sangat penting," ujarnya.

Selain itu, Alumni Ilmu Pemerintahan Unhas itu juga mengatakan, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi antara seluruh pemanah yang ada di Sulsel.

"Dengan menjadi tuan rumah Pra Pekan Olahraga Provinsi Cabor Panahan ini, diharapkan Maros menjadi tuan rumah yang baik.

"Izinkan kami menjadi tuan rumah yang ramah, dan Insyaallah dapat membuat semuanya terkesan berada di Kabupaten Maros," ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Maros itu juga berharap, melalui Pra Pekan Olahraga Provinsi ini dapat melahirkan atlet panahan yang dapat membanggakan Sulsel.

Sementara itu, Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Maros, Chaerul Syahab, menyampaikan, Pra Pekan Olahraga Provinsi Cabor Panahan ini diikuti 20 kabupaten/kota. Total pesertanya berjumlah 184 atlet.

"Selain Bulukumba dan Sinjai yang sudah lolos otomatis selaku tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Tahun 2022, dua daerah yang tak mengirim atlet adalah Tana Toraja dan Selayar," ungkap Chaerul.

Pada ajang ini, Maros mengikutsertakan 15 atlet. 14 yang akan ikut bertanding, dan satu atlet untuk divisi eksibisi.

Ada empat kategori yang akan dipertandingkan. Masing-masing compound bow, recurve, standar bow, dan standar bow mini.

"Untuk Maros, compound bow satu putra, recurve satu putri, standar bow ada enam, tiga putra, tiga putri, sedangkan standar bow junior juga ada enam, tiga untuk putri dan tiga putri," jelasnya

Semua atlet yang ikut juga telah menjalani vaksinasi. "Memang syaratnya untuk ikut telah menjalani vaksinasi. Kitapun telah menghubungi Dinas Kesehatan untuk selalu standby di lapangan," ungkapnya.

Chaerul yakin semua atlet yang diutus Maros dapat memberikan yang terbaik. "Kami usahakan semoga Maros bisa kembali meraih juara umum juga, " tutupnya

Hadir juga Sekretaris Jenderal Perpani Sulsel, Suherman. Dalam sambutannya ia mengatakan, melalui Pra Pekan Olahraga Provinsi ini, salah satu cara untuk menjaring atlet panahan yang bertalenta dan yang memiliki kemampuan. Agar nanti kedepannya di PON, banyak kader yang bisa menampakkan prestasinya yang lebih tinggi

Ia juga mengatakan, sudah 15 tahun Sulsel terpuruk di olahraga panahan. "Tidak pernah mendapatkan satu medali pun di event nasional," katanya.

Suherman juga sangat mengapresiasi Pra Pekan Olahraga Provinsi yang dilaksanakan kali ini. Diapun berharap kedepan pelaksanaan kejuaraan panahan akan dilaksanakan empat kali dalam setahun.

"Agar olahraga panahan bisa lebih maju dan lebih keren, " tutupnya. (*)

#Chaidir Syam #Pemkab Maros #PON #Cabor Panahan #Porda