Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Rabu, 03 November 2021 17:22

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tanda-tanda WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya

Ada banyak cara untuk membajak atau menyadap WhatsApp. Mulai dari menggunakan aplikasi pihak ketiga hingga menggunakan malware.

BUKAMATA - Akun WhatsApp bisa disadap dan dibajak oleh berbagai pihak dengan berbagai tujuan. Peretasan ini tentu dapat merugikan pengguna karena peretas dapat mengawasi aktivitas di WhatsApp.

Apa pun bisa diawasi, mulai dari pesan pribadi, isi kontak, dan banyak lagi. Lebih parahnya, data dari diri Anda sangat mungkin untuk bocor.

Ada banyak cara untuk membajak atau menyadap WhatsApp. Mulai dari menggunakan aplikasi pihak ketiga hingga menggunakan malware. Tercanggih adalah spyware Pegasus milik perusahaan Israel NSO Group yang memata-matai perangkat kepala negara dan pemimpin dunia.

Berikut tanda-tanda WhatsApp dibajak dan disadap seperti dilansir CNBC Indonesia:

1. Mendapatkan kiriman OTP

One time password (OTP) merupakan 6 digit nomor otentifikasi yang dikirimkan WhatsApp kepada pengguna. WhatsApp hanya mengizinkan nomor akun pada satu smartphone saja.

Jika kalian mendapati hal ini itu berarti ada pihak lain yang mau memasang akun WhatsApp diperangkat lain. Abaikan saja pesan ini dan jangan berikan kepada siapapun yang memintanya.

2. WhatsApp Web tiba-tiba logout

Sama seperti smartphone, WhatsApp web hanya bisa digunakan di satu laptop atau komputer. Jika tiba-tiba logout itu artinya ada yang menggunakan akun WhatsApp Web di perangkat lainnya.

Untuk mengetahui dan mematikan penggunaan WhatsApp Web oleh orang lain bisa dilakukan dengan mengetik tiga ikon titik di kanan atas WhatsApp smartphone kemudian pilih mode WhatsApp Web. Di sana akan muncul WhatsApp Web dipakai di perangkat mana.

3. Pesan telah terbaca

Saat pesan kamu belum dibaca dan tiba-tiba sudah bercentang biru alias sudah dibaca, ada kemungkinan besar akun WhatsApp telah dibajak dan disadap.

4. Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna

Jika kamu merasa tidak pernah mengirim pesan kepada orang yang bersangkutan, maka patut dicurigai seseorang telah meretas akun WhatsApp kamu.

Cara Mencegah WhatsApp Dibajak dan Disadap

Untuk mencegah WhatsApp dibajak dan disadap, Siber Polri menyarankan kamu mengaktifkan fitur two-step verification di WhatsApp. Penipu akan sulit mengakses akun WhatsApp karena tidak mengetahui PIN two-step verification.

Berikut cara mengaktifkan two step verification di WhatsApp:

  • Ketika tiga ikon di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp di smartphone
  • Pilih menu settings
  • Masuk ke pengaturan Account
  • Pilih two-step verification
  • WhatsApp akan memintamu untuk mengaktifkan two-step verification menggunakan PIN.
  • Tekan enable di bagian bawah untuk mengaktifkannya.
  • Buat PIN dengan memasukkan 6 digit angka sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • WhatsApp akan memintamu untuk memasukkan alamat email yang akan terintegrasi dengan akun WhatsApp, kalau suatu hari kamu ingin mengganti PIN
  • Selesai. Fitur two-step verification berhasil terpasang.
#WhatsApp

Berita Populer