Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Jumat, 17 September 2021 18:18

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Benarkah Menyikat Lidah dengan Sikat Gigi Berbahaya?

Cara membersihkan lidah yang satu ini dianggap berbahaya, lho. Benarkah demikian?

BUKAMATA - Lidah merupakan satu-satunya indra pengecap yang dimiliki manusia. Kesehatan lidah yang tidak terpelihara dengan baik dapat mengganggu aktivitas, terutama pada saat makan.

Ada berbagai macam cara untuk menjaga kebersihan lidah, baik dengan bantuan alat maupun tanpa alat. Salah satu cara yang kerap kali dilakukan adalah menyikat lidah dengan sikat gigi.

Namun ternyata, cara membersihkan lidah yang satu ini dianggap berbahaya, lho. Benarkah demikian? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Membersihkan Lidah dengan Sikat Gigi

Meski dapat menjadi alternatif untuk membersihkan lidah, penggunaan sikat gigi ternyata cukup berbahaya. Beberapa dampak buruk membersihkan lidah menggunakan sikat gigi, di antaranya:

1. Iritasi

Permukaan lidah tidak sama dengan gusi dan bagian jaringan lunak lainnya di rongga mulut. Lidah memiliki sensitivitas yang cukup tinggi. Ini karena fungsi lidah sebagai indera pengecap.

Permukaan lidah juga sangat mudah terluka, terutama terhadap benda-benda di luar rongga mulut. Oleh sebab itu, jangan asal-asalan untuk membersihkannya.

Sikat gigi memiliki jenis bulu sikat yang bermacam-macam. Jadi, ketika Anda menyikat lidah dengan menggunakan sikat gigi, pastikan untuk menggunakan bulu sikat yang halus.

Tekanan yang diberikan juga tidak boleh terlalu keras. Gesekan yang terjadi pada kepala sikat terhadap lidah jika tidak dilakukan secara perlahan dan halus akan meningkatkan risiko terjadinya perlukaan atau iritasi pada lidah.

2. Mual

Seperti yang sudah disampaikan di atas, lidah memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Peletakan kepala sikat yang terlalu ke belakang akan merangsang sensor yang ada pada lidah. Anda pun akan merasa mual.

Jadi, ketika Anda ingin menyikat lidah dengan sikat gigi, kepala sikat tidak perlu diarahkan terlalu belakang. Cukup bulu sikatnya saja yang bergerak ke arah belakang lidah.

Cara menyikat lidah dengan sikat gigi juga harus memperhatikan gerakannya. Saat menyikat, pastikan Anda melakukannya secara searah, dari pangkal ke ujung lidah.

Selain itu, ingat pula ketika membersihkan dari pangkal, Anda tidak perlu terlalu menyikat terlalu belakang karena justru akan membuat mual. Perlu Anda letahui rasa mual hingga mau muntah tidak baik untuk kesehatan.

3. Penumpukan Bakteri

Sikat gigi seharusnya diganti setiap tiga bulan sekali. Ini karena sikat bisa menjadi tempat yang strategis bagi bakteri dan kuman lainnya untuk berkembang biak. Sikat gigi yang tidak disimpan dengan benar juga akan meningkatkan risiko tersebut.

Apabila Anda menyikat lidah dengan menggunakan sikat gigi yang sudah lama tidak diganti, maka ini sangat berbahaya. Bakteri ataupun kuman yang melekat pada lidah justru akan menambah koloni bakteri yang ada pada permukaan lidah sehingga bau mulut akan lebih mudah terjadi.

Bukannya mengurangi bakteri di lidah, Anda malah menambah bakteri ke permukaan lidah sehingga dapat meningkatkan risiko kemungkinan adanya komplikasi lain.

 Cara membersihkan lidah yang baik adalah dengan menggunakan tongue scraper. Alat ini memang didesain untuk membersihkan permukaan lidah.

Sayangnya, tidak semua tempat perbelanjaan yang menjual sikat gigi juga menjual tongue scraper. Jadi, alternatif mudah dalam membersihkan lidah, yaitu dengan sikat gigi yang dimiliki.

#Lidah #Kesehatan Gigi