Aswad Syam
Aswad Syam

Jumat, 17 September 2021 11:29

Pembobol balaikota Makassar
Pembobol balaikota Makassar

Begini Modus Dua Pegawai Kontrak Gasak Barang-barang Balaikota Makassar

Pembobol kantor Balaikota Makassar dibekuk. Mereka adalah orang dalam. Dua pegawai kontrak di Balaikota Makassar. Yang lainnya, tiga penadah.

MAKASSAR, BUKAMATA - Rabu, 15 September 2021. Jarum jam menunjukkan sekira pukul 18.00 Wita, Jatanras Polrestabes Makassar berhasil membekuk dua pelaku pembobolan di Balaikota Makassar. Mereka ternyata adalah pegawai kontrak Pemkot Makassar.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kombes Pol Jamal Fathur Rakhman mengatakan, kedua tersangka yang diamankan masing-masing, Firman Andi Machmud (23) merupakan pegawai kontrak Lembaga Pemantau Independent Pengadaan Barang dan Jasa di lantai 3, serta Ramli Dg Nompo (39) yang merupakan pegawai kontrak Sekretariat Bidang Hukum lantai 3.

Turut diamankan tiga penadah, masing-masing, Ruslin Panggara (50), Risal Martabu (30), dan Rahmatullah (38).

Kompol Jamal pun mengungkap modus dan peran keduanya. Menurut Kompol Jamal, berdasarkan pengakuan para pelaku, mereka mengambil barang tersebut pada saat jam pulang kerja dan pada saat hari libur kantor.

Penangkapan berdasarkan laporan polisi bernomor: Lp/303/K/IX/2021/Sek Makassar/Restabes makassar. Dilaporkan oleh Muh Abdi Rahmadi, juga Irma Dwianti.

Berdasarkan hasil lidik dari anggota Jatanras Polrestabes Makassar, Kanit Jatanras Polrestabes Makassar, Iptu Muhammad Afhi Abrianto yang didampingi Kasubnit 2 Ipda Nasrullah dan anggota langsung bergegas menuju lokasi dan berhasil mengamankan Firman Andi Machmud.

Dari hasil introgasi diketahui, pelaku bernama Ramli berada di bagian Hukum lantai 3. Dan anggota lantas mengamankan Ramli. Lalu dilakukan pengembangan untuk mendapatkan barang bukti. Anggota menuju Jl Singa, Jl. Pelita IV dan Jl. Printis Kemerdekaan mengamankan tiga penadah.

Para pelaku lalu dibawa ke Posko Jatanras Polrestabes Maakassar untuk diinterogasi lebih lanjut.

Dari hasil interogasi diperoleh informasi, Firman Andi Machmud mengakui dan membenarkan telah melakukan pencurian di Kantor Balaikota bersama Ramli, dengan cara memasuki ruangan per lantai. Pada saat melakukan aksinya, karyawan sudah pulang.

Adapun ruang yang disasar kedua pelaku, yakni, di lantai 2 gudang penyimpanan, lantai 4 Dinas Pemuda dan Olahraga, lantai 5 Keluarga Berencana, lantai 6 Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar.

Khusus Firman, melakukan pencurian sendiri di lantai 7 Dinas Pertanahan, dan lantai 8 bagian Protokol.

Ramli juga mengakui dan membenarkan telah melakukan pencurian bersama Firman dengan cara memasuki ruangan yang kosong perlantai pada saat karyawan sudah pulang. Ruangan yang dicuri Ramli antara lain, lantai 2 gudang penyimpanan, lantai 4 Dinas Pemuda dan Olahraga, lantai 5 Keluarga Berencana dan lantai 6 Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar.

Sementara itu, penadah Ruslin mengakui dan membenarkan telah membeli 2 buah printer merek Epson, 15 buah lem kertas dan 15 buah tinta. Semuanya dari Firman.

Sementara itu, Risal mengakui dan membenarkan telah membeli 2 unit laptop merek Lenovo dan Hp dari Firman. Demikian pula Rahmatullah, mengakui dan membenarkan telah membeli kamera Canon 7D Mark2 seharga Rp4,7 juta, lalu menjualnya Rp11,2 juta sekitar 5 bulan. Dia lalu membeli Canon 750D Rp3,5 juta lalu menjualnya Rp4,2 sekira hari Minggu. Itu dari Firman.

Bersama pelaku turut diamankan barang bukti berupa, 28 buah gelas kaca beserta pengalas gelasnya, satu pasang sepatu, 30 buah map, 1 buah tas, 1 buah alat pemanas air, 1 unit tab Samsung putih, 1 unit Hp oppo silver, 1 unit Hp Xiomi silver, 1 unit Hp Samsung putih, 1 unit Hp Samsung kecil hitam, 1 unit Maxtron kecil hitam, 1 buah dompet, 1 buah sepeda motor Mio Soul GT DD 5700 LF, 10 tinta print, 1 dos kertas HPS merek Sidu, 2 printer merek Epson, serta 2 laptop.

Juga ada perlengkapan alat tulis kantor (ATK) berupa, amplop, pulpen, gunting, penjepit kertas, lakban, gembok, penggaris, pisau cutter, baterai, staples, map, stempel, paper klip, buku nota, kunci/gembok, hekter, peluru hekter, dan rim.

Penulis: Maulana

#Pembobolan rumah #Balaikota Makassar