Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Rabu, 15 September 2021 18:05

Niatan Bupati Bulukumba Kenakan Sanksi IMB Ditentang: Cukup Pandemi yang Menyakiti

Niatan Bupati Bulukumba Kenakan Sanksi IMB Ditentang: Cukup Pandemi yang Menyakiti

Niatan Bupati Bulukumba terkait izin IMB ini ditentang sejumlah pihak, pasalnya dinilai tidak humanis dan tak memberi solu

BULUKUMBA, BUKAMATA - Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf mengeluarkan peringatan keras terhadap warganya yang tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Mereka diancam sanksi pembayaran dua kali lipat, atau 100 persen dari harga IMB.

Niatan Bupati Bulukumba ini ditentang sejumlah pihak, pasalnya dinilai tidak humanis dan tak memberi solusi. Salah satunya datang dari Firman Ghani, Direktur Bulukumba Monitoring Center (BMC).

Firman Ghani menilai, jika masyarakat dikenai sanksi dua kali lipat, tentu merugikan. Pasalnya di tengah pandemi covid-19, kondisi ekonomi kian terpuruk.

"Sanksi bukan solusi untuk peningkatan PAD. Mestinya pak Bupati dan OPD terkait bisa kreatif dong. Gak boleh main-main sanksi. Ini kan Pandemi Covid, cukuplah kondisi yang membuat kita terpuruk dan sakit, jangan lagi ada tekanan-tekanan seperti ini," Tegas Firman Ghani, Rabu (15/9/2021).

Seharusnya, kata mantan Ketua BEM UMI Makassar itu, Pemda justru memberi kompensasi atau diskon bagi masyarakat, agar mereka bisa berlomba mengurus IMBnya. "Harusnya bukan disanksi, tetapi diberi potongan tertentu," Kata Firman Ghani.

Tak hanya itu, berdasarkan penelusurannya, kata Firman, banyak masyarakat yang mengeluhkan mahalnya biaya gambar yang dikeluarkan oleh perizinan dalam hal ini yang bertanggungjawab persolan IMB. Belum lagi banyak masyarakat yang tertipu dengan kepengurusan IMB yang dilakukan oleh oknum tertentu.

" Coba kita telusuri, berapa banyak masyarakat di kampung-kampung yang tak memiliki IMB. Sebagian dari mereka bahkan mengaku ditipu. Mereka pernah menyerahkan uang dan administrasi kepengurusan IMB tapi sudah belasan tahun, sampai sekarang belum keluar-keluar juga izinnya," Tambah Firman Ghani.

Pihaknya pun meminta ke Pemda dan Bupati, agar mempertimbangkan hal tersebut, demi kenyamanan masyarakat Bulukumba, dan keberlangsungan hidup warga di Bumi Panrita Lopi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Bulukumba melakukan rapat koordinasi di Rumah Jabatannya. Ia meminta kepada semua pihak, agar peningkatan PAD bisa digenjot melalui pungutan PBB dan IMB.

Penulis : Rey Yudistira
#Bulukumba

Berita Populer