Wiwi
Wiwi

Selasa, 07 September 2021 08:11

Kantor BNI di London
Kantor BNI di London

Sasar Pasar Global, BNI Buka Kantor Representatif di Belanda dan Amerika

BNI sedang mempersiapkan pembukaan representative office di Amsterdam, yang menggarap pasar di Eropa dan Los Angeles untuk potensi pasar di Amerika dan Kanada.

BUKAMATA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bakal melebarkan sayap bisnisnya di kancah internasional. Dalam waktu dekat, BNI akan membuka kantor representatif di Amsterdam, Belanda dan Los Angeles, Amerika Serikat.

Direktur Keuangan BNI, Novita Widya Anggraini mengatakan, dalam pengembangan kantor di luar negeri, dibutuhkan analisa yang mendalam mengenai negara yang akan dituju.

Untuk saat ini, BNI sedang mempersiapkan pembukaan representative office di Amsterdam, yang menggarap pasar di Eropa dan Los Angeles untuk potensi pasar di Amerika dan Kanada.

“Dalam menentukan lokasi baru, BNI juga harus menggunakan strategi capture the flow, artinya kami akan menangkap transaksi trade finance, transaksi investasi, dan diaspora indonesia. Lokasi yang ditentukan akan menyesuaikan kebutuhan transaksi yang dibidik. Sejalan dengan visi misi BNI dan fokus BNI untuk global,” ungkap Novita.

Menurut Novia, bank pelat merah itu menargetkan izin dari regulator dan otoritas setempat diperoleh di tahun ini, sehingga bisa beroperasi di kuartal I-2022.

Sebelumnya, BNI baru saja mendirikan BNI Sekuritas Singapura pada 22 Maret 2021. Bisnis baru ini ditujukan sebagai hub untuk transaksi global nasabah korporasi yang ingin masuk ke pasar modal internasional.

“BNI Sekuritas Singapura dipimpin oleh tim Singapura yang berpengalaman, dengan dipimpin oleh Leonard Ng, yang sebelumnya berkarier di sebuah bank yang beroperasi secara internasional,” papar Novia.

Dikutip Bukamata dari laman Kompas, BNI telah mencatat pendapatan berbasis komisi atau fee based income yang bersumber dari surat berharga tercatat tumbuh 115,4 persen yoy pada Juni 2021 dan mencapai Rp 1 triliun.

Begitu juga dengan fee based income yang bersumber dari layanan trade finance mencapai Rp 732 miliar, dan tumbuh 20,4 persen yoy dibandingkan Juni 2020.

#Bank BNI #bank negara indonesia