Redaksi
Redaksi

Rabu, 18 Agustus 2021 13:58

Amrullah Saleh menobatkan diri sebagai Presiden Afghanistan Sementara
Amrullah Saleh menobatkan diri sebagai Presiden Afghanistan Sementara

Nobatkan Diri Sebagai Presiden Sementara, Amrullah Saleh: Wahai Rakyatku, Buktikan Afghanistan Bukan Vietnam

Wapres Afghanistan, Amrullah Saleh menobatkan dirinya sebagai Presiden Afghanistan Sementara yang sah.

KABUL, BUKAMATA - Ditinggal kabur Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, Wakil Presiden Amrullah Saleh memilih bertahan di Afghanistan. Dia malah menobatkan dirinya sebagai Presiden Sementara yang Sah.

Dalam sederet cuitannya, Saleh mengatakan, sia-sia berdebat dengan Presiden AS, Joe Biden, yang telah memutuskan menarik pasukannya.

Joe Biden sendiri dalam pernyataannya mengatakan, kekahalah itu terjadi karena tentara Afghanistan takut bertempur. Sehingga dengan mudahnya Taliban menguasai ibu kota negara itu, Kabul. Hanya dalam hitungan hari. Berbeda dengan prediksi intelijen AS yang menyebut dalam hitungan bulan.

Saleh dalam cuitannya di media sosial, juga meminta rakyat membuktikan bahwa Afghanistan bukan Vietnam dan Taliban tidak seperti Vietcong.

"Tidak seperti AS dan NATO, kita tidak kehilangan semangat dan melihat peluang besar di depan. Peringatan omong kosong sudah tamat. Bergabunglah dalam perlawanan," cuit Saleh.

"Saya tidak akan tunduk dalam keadaan apapun kepada teroris Taliban," tambah Saleh yang keberadaannya tidak diketahui.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani kabur meninggalkan negaranya pada Minggu, 15 Agustus 2021. Dia kabur diam-diam tanpa memberitahukan petinggi politik lainnya. Dia kabur membawa uang tunai yang diangkut empat mobil dan satu helikopter. Itu setelah mendengar Taliban bergerak masuk ke Kabul.

#Afghanistan #Taliban