Aswad Syam
Aswad Syam

Kamis, 10 Juni 2021 14:09

Helmut Hontong
Helmut Hontong

Wafat di Atas Penerbangan Rute Denpasar-Makassar, Ini Profil Wabup Sangihe

Wabup Kepulauan Sangihe, Helmut Hontong, meninggal di atas pesawat rute Denpasar-Makassar.

MAKASSAR, BUKAMATA - Rabu, 9 Juni 2021. Pesawat JT740 rute Denpasar-Makassar sedang terbang. Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmut Hontong sedang di atas pesawat. Dia duduk di kursi 25E. Di sampingnya, kursi 25F, duduk ajudannya, Harmen Kontu.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Sangihe, Maya Budiman, mengungkapkan, Wabup sudah tak sadarkan diri saat tiba di Bandara Hasanuddin, Makassar, pukul 16.17 Wita. Dokter dan perawat segera naik ke pesawat untuk mengecek kondisi Bapak Helmut.

Ternyata, Helmut sudah dinyatakan meninggal. Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Sangihe, Abner Menaung, mengatakan, jenazah Wabup Helmut akan dibawa ke Kepulauan Sangihe sebentar malam. Namun kepastian waktu pemakaman masih dikoordinasikan.

"Pemakaman masih menunggu koordinasi. Tapi yang pasti akan tiba di Manado pukul 03.45 Wita. Malamnya dengan kapal Teratai diberangkatkan ke Sangihe," cetusnya.

Dilansir dari website resmi Pemkab Kepulauan Sangihe, Kamis (10/9/2021), Helmut lahir di Mahangetang, 9 November 1962. Dia memulai karier politik sebagai anggota DPRD Kepulauan Sangihe sejak 2009 hingga periode 2017-2022.

Selama tiga periode berturut-turut, Helmut menjadi wakil rakyat. Dalam perjalanan karier politik itu, Helmut memegang sejumlah jabatan strategis sebagai wakil rakyat. Pada periode pertama dan kedua, Helmut mengemban jebatan Ketua Komisi A.

Helmut juga pernah memegang jabatan Sekretaris Golkar Kepulauan Sangihe pada 2016-2021.

Selain itu, dari 2009 hingga 2016, Helmut dipercaya sebagai Wakil Ketua Golkar Sangihe. Setelah itu, Helmut akhirnya dipercaya sebagai Ketua Kosgoro Kepulauan Sangihe.

Helmut menjabat Wakil Bupati Kepulauan Sangihe periode 2017-2022. Jabatan ini diembannya untuk yang pertama kalinya.

#Wabup Sangihe meninggal di pesawat