Aswad Syam
Aswad Syam

Rabu, 05 Mei 2021 11:50

Suasana penggeledahan eks markas FPI di Jl Sungai Limboto Makassar.
Suasana penggeledahan eks markas FPI di Jl Sungai Limboto Makassar.

Diduga Terkait Munarman, 3 Eks Petinggi FPI Makassar Diamankan Densus

Densus 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan 3 orang dari Jl Sungai Limboto, Makassar. Mereka diduga terkait Muanrman.

MAKASSAR, BUKAMATA - Selasa, 4 Mei 2021 lalu. Sore itu, sebuah rumah kayu di Jl Sungai Limboto Makassar digeledah Densus 88 Antiteror Mabes Polri. Rumah itu ditengarai sebagai markas FPI Makassar. Namun warga setempat mengatakan, dulu iya. Sekarang, markasnya sudah pindah sejak 2018.

Densus tak pergi dengan tangan hampa. Ada tiga orang diamankan. Mereka masing-masing berinisial AR, MU, dan AS. Salah satu dari ketiga orang itu adalah pemilik rumah.

"AR, MU, AS. Mereka dulu bagian dari pada pengurus di FPI Makassar, tapi sekarang kan FPI sudah dibubarkan," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan, Rabu (5/5/2021).

Penangkapan ketiga orang ini kata Kombes Zulpan, terkait dengan kasus terorisme yang menjerat eks Sekjen FPI Munarman. Seorang terduga teroris yang ditangkap di Vila Mutiara, pada Januari 2021 lalu, pernah membuat testimoni. Dalam video itu, dia mengaku pernah ikut baiat ISIS. Itu pada 2015. Ada Munarman dalam baiat tersebut. Juga ada Ustaz Basri, terduga teroris yang meninggal di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

"Ini adalah pengembangan yang utama adalah kasus Munarman. Munarman kan sudah ditetapkan sebagai tersangka teroris di Jakarta kan," jelasnya.

Selain menangkap 3 orang tersebut, ada 4 box kontainer barang bukti yang diamankan polisi. "Barang bukti belum bisa disebutkan, saya cuma bisa sampaikan ada 4 kontainer (box) yang diamankan dari bekas kantor FPI itu. Isinya apa kita belum tahu," pungkasnya.

#FPI #Munarman