Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Sabtu, 23 Januari 2021 16:31

Ilustrasi.
Ilustrasi.

5 Cara Mudah Hilangkan Goresan di Bodi Mobil

Bagi Anda yang mendapati goresan ringan pada body mobil, cukup gunakan lap basah atau pun kanebo.

BUKAMATA - Goresan tentu akan memengaruhi tampilan mobil. Oleh sebab itu, mengetahui cara menghilangkan goresan pada bodi mobil sangatlah penting.

Namun sebelum itu, goresan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kesalahan pengemudi saat berkendara atau penyebab lainnya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu terburu-buru untuk segera membawanya ke bengkel, karena sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan goresan yang ada di mobil Anda. Berikut ulasannya:

1. Bersihkan Body Mobil dengan Air

Cara menghilangkan goresan pada mobil yang pertama adalah dengan langkah yang mudah dan juga sederhana. Bagi Anda yang mendapati goresan ringan pada body mobil, cukup gunakan lap basah atau pun kanebo.

Caranya sangat mudah dan sederhana yakni dengan mengusapkan lap basah atau kanebo tersebut pada bagian-bagian mobil yang sudah tergores.

2. Bersihkan Goresan dengan Kompon

Cara menghilangkan goresan pada mobil selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kompon. Anda bisa membeli dan mendapatkan kompon di toko aksesoris mobil sekitar. Kompon ini berbentuk seperti krim dan dapat bekerja dengan cara mengikis hingga goresan pada mobil tak terlihat kembali.

Anda bisa menggunakan kompon putih untuk menghilangkan goresan karena adanya kikisan yang lebih tinggi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan terlebih dahulu permukaan mobil, kemudian lap hingga mengering. Oleskan kompon pada goresan yang ingin dihilangkan. Dan selanjutnya adalah membilas bekas goresan tersebut dengan menggunakan handuk serta air bersih.

3. Gunakan Pasta Gigi Agar Buat Body Mobil Terlihat Mulus

Cara menghilangkan goresan pada mobil yang dapat Anda lakukan di rumah berikutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Perlu diketahui bahwa pasta gigi tak hanya berguna untuk membersihkan gigi Anda, namun juga dapat membuat bodi mobil menjadi terlihat lebih mulus.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan kain lembut dan wadah untuk menuangkan pasta gigi. Kemudian Anda bisa menuangkan air dan gosokkan secara perlahan. Apabila langkah ini sudah dilakukan, Anda bisa membilas bagian goresan dengan air bersih.

4. Oleskan Obat Nyamuk Cair

Cara menghilangkan goresan pada mobil lainnya yang mudah dilakukan dan dipraktikkan di rumah adalah dengan mengoleskan obat nyamuk cair. Perlu diketahui bahwa metode atau langkah yang satu ini hanya dapat dilakukan ketika kondisi genting atau darurat saja. Hal tersebut lantaran obat nyamuk dapat menghilangkan lapisan bening yang terdapat pada lapisan mobil.

Dilansir Otosia, cara pengaplikasian obat nyamuk sebagai penghilang goresan pada mobil sebenarnya terhitung cukup mudah. Yakni dengan cara menuangkannya di atas kanebo kering kemudian usapkan pada bodi mobil yang tergores dengan melakukan gerakan memutar secara perlahan. Kemudian, Anda dapat menunggunya selama 15 hingga 20 detik dan bersihkan dengan air serta lap bodi mobil menggunakan kanebo yang benar-benar kering terlebih dahulu.

5. Mengecat untuk Memperbaiki Goresan Dalam

Cara menghilangkan goresan pada mobil yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mengecat guna memperbaikan apabila terdapat goresan dalam. Dirangkum dari WikiWow berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan:

1. Cuci dan keringkan mobil secara menyeluruh. Karena kotoran dapat membuat lebih banyak goresan. Cuci mobil Anda sampai bersih untuk menghilangkan semua kotoran. Berikan perhatian khusus pada area yang akan Anda perbaiki. Semprot area yang tergores dengan air, pastikan tidak ada kotoran yang keluar dari goresan. Kemudian, bersihkan area tersebut dengan baik menggunakan sabun yang diformulasikan untuk pada mobil dan bilas semuanya dengan air bersih.

2. Amplas area yang tergores untuk menghilangkan lapisan atas cat. Bungkus amplas basah / kering dengan grit 2000 di sekitar bantalan pengamplasan (tempat amplas dengan pegangan di atasnya) dan mulai amplas area yang tergores. Amplas selama 10 hingga 15 detik.

3. Selalu amplas searah goresan. Anda pasti tidak ingin membuat goresan berlawanan, bukan. Bilas area tersebut dengan air seperlunya untuk memeriksa proses perbaikan ini. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat dengan lebih baik apakah Anda telah mencapai dasar goresan.

4. Bilas dan keringkan area tersebut. Bilas kotoran yang tertinggal dengan mengamplas area yang tergores. Kemudian, gunakan kain mikrofiber bersih untuk menyeka permukaan hingga kering. Hindari penggunaan kain lap tua atau kotor karena dapat menyebabkan lebih banyak goresan pada permukaan mobil Anda.

5. Semprotkan beberapa lapis primer ke area yang diamplas. Siapkan primer yang dapat diamplas dalam kaleng aerosol. Semprotkan primer ke area yang baru saja Anda amplas. Gunakan gerakan maju mundur untuk menyemprotkan cat. Kemudian, tunggu 5 hingga 10 menit hingga primer mengering dan semprotkan pada lapisan lain. Lakukan ini sebanyak 3 kali.

6. Oleskan beberapa lapis cat yang sesuai dengan mobil Anda. Selanjutnya, semprotkan cat dengan warna yang sama seperti pada bagian mobil. Tunggu 5 hingga 10 menit di antara setiap aplikasi agar cat benar-benar kering.

7. Oleskan lilin karnauba ke permukaan mobil Anda lalu gosok area tersebut dengan bantalan penyangga atau kain mikrofiber. Oleskan lilin sebanyak seperempat ukuran ke bantalan atau kain penggosok untuk memulai dan tambahkan lebih banyak jika perlu. Gunakan gerakan melingkar dan tekan alas atau kain dengan tekanan sedang. Teruskan sampai wax merata dan permukaan mobil terlihat mengkilat.

#Mobil

Berita Populer