Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Senin, 18 Januari 2021 18:07

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cara Melindungi Cat Mobil Usai Diguyur Hujan

Biasanya banyak pemilik kendaraan membiarkan mobil yang terkena hujan, lalu digunakan kembali keesokan harinya. Padahal air hujan mengandung asam.

BUKAMATA - Mobil perlu perawatan khusus saat musim. Pasalnya, air hujan dan genangan air di jalan berpotensi menyebabkan karat dan dapat merusak lapisan cat mobil.

Terlebih cuaca saat ini tidak menentu. Dapat tiba-tiba turun hujan lebat, tapi tak lama muncul kembali sinar matahari yang terik.

Biasanya banyak pemilik kendaraan membiarkan mobil yang terkena hujan, lalu digunakan kembali keesokan harinya. Padahal air hujan mengandung asam. Ibaratnya seperti rambut manusia, maka harus dibilas agar cat mobil tetap terjaga, bersih dan enak dilihat.

"Jika dibiarkan, itu berpotensi membuat kusam cat pada bodi. Tanpa disadari efeknya akan terjadi pada permukaan cat mobil kita yang dapat menyebabkan kualitas cat yang menempel berpotensi menurun," buka Roni Agung, Kepala Bengkel Body & Paint Astra Peugeot Sunter.

Menurut Roni, unsur air merupakan material yang mendera bodi mobil saat hujan. Unsur ini memang merupakan material utama merawat cat bodi mobil. Tapi air juga dapat menjadi musuh dari cat jika mobil yang basah sering dibiarkan kering dengan sendirinya karena akan menyebabkan pembentukan jamur pada sekujur bodi mobil.

"Agar mobil selalu tampil kinclong dan enak dilihat, cat bodi mobil sepantasnya dilindungi dari serangan musuh-musuh yang berpotensi merusak. Sebaiknya pasca-hujan, mobil dirawat dengan membersihkan sekaligus mengeringkan bodi," imbuh Roni dilansir Otosia, Senin (18/1/2021).

Mencegah cat bodi rusak sebenarnya mudah dilakukan. Ketika mencuci mobil pasca terkena air hujan atau genangan, sebaiknya tidak dilakukan di bawah matahari langsung. Ini untuk mencegah air mengering sendiri.

"Setelah membilas, langsung keringkan permukaan bodi mobil yang basah. Tapi jika mobil terguyur hujan dalam perjalanan, ada baiknya segera keringkan titik air dengan lap chamois saat sampai di tujuan," pungkasnya.

 

#Mobil