Ririn
Ririn

Kamis, 07 Januari 2021 15:15

AFP
AFP

Empat Orang Tewas dan 52 Ditangkap Terkait Kerusuhan di Capitol AS

Salah satu korban adalah seorang perempuan, dan tiga lainnya meninggal karena keadaan darurat medis

BUKAMATA - Empat orang tewas di halaman Capitol Amerika Serikat dan 52 orang telah ditangkap atas kerusuhan yang terjadi.

Kepala Departemen Kepolisian Metropolitan Robert J Contee mengatakan pada Rabu malam bahwa salah satu korban adalah seorang perempuan. Dia ditembak ketika massa mencoba menerobos pintu yang dibarikade di Capitol. Dia dirawat di rumah sakit dengan luka tembak dan kemudian meninggal.

Tiga orang lainnya meninggal pada Rabu karena keadaan darurat medis, tambah Contee.

Layanan Kebakaran dan Medis Darurat DC juga terlihat mengangkut orang-orang ke rumah sakit daerah. Mereka dilaporkan mengalami cedera, patah tulang, hingga serangan jantung.

Pendukung Presiden AS Donald Trump melakukan protes di dalam Gedung Kongres AS pada 6 Januari 2021, di Washington, DC. (Foto: AFP / Roberto Schmidt)Terkait penangkapan, 26 orang ditangkap di halaman Capitol, sementara yang lain karena membawa senjata api tanpa izin atau terlarang.

Selain itu, kata Contee, dua bom pipa ditemukan dari markas besar komite nasional Republik dan Demokrat, serta pendingin dari kendaraan di halaman Capitol AS yang berisi bom molotov.

Walikota DC Muriel Bowser telah memperpanjang keadaan darurat publik selama 15 hari sebagai tanggapan atas kerusuhan Capitol.

Dia mengatakan bahwa orang-orang yang menyerbu Capitol, "berusaha mengganggu proses Kongres yang berkaitan dengan penerimaan suara electoral college".

#Amerika Serikat