Ririn
Ririn

Kamis, 07 Januari 2021 16:30

INT
INT

China Ejek Kekacauan di Capitol AS, Sebut itu Pemandangan Indah

Liga Pemuda Komunis China juga menggambarkan kerusuhan itu sebagai "pemandangan indah" di platform Weibo, yang mirip Twitter.

BUKAMATA - China meledek demokrasi Amerika yang sedang kacau, setelah pendukung Presiden Donald Trump masuk ke Capitol AS.

Mereka membandingkan kekacauan itu dengan protes anti-pemerintah Hong Kong tahun 2019.

Pada Kamis (07/01/2021) pagi, media pemerintah China Global Times men-tweet foto perbandingan para pengunjuk rasa Hong Kong yang menduduki Kompleks Dewan Legislatif kota pada Juli 2019, dengan kerusuhan Washington pada hari Rabu.

Dalam captionnya, mereka menyebut Ketua DPR AS Nancy Pelosi, dan mengingatkan bahwa ia pernah menyebut kerusuhan Hong Kong sebagai pemandangan yang indah untuk dilihat.

"Masih belum terlihat apakah dia akan mengatakan hal yang sama tentang perkembangan terakhir di Capitol Hill," kata Global Times.

Foto Perbandingan HK dan Capitol ASLiga Pemuda Komunis China juga menggambarkan kerusuhan itu sebagai "pemandangan indah" di platform Weibo, yang mirip Twitter.

Tagar Trump supporters storm US Capitol yang berarti "Pendukung Trump menyerbu Capitol AS" dipasang di Weibo pada hari Kamis, dan telah mengumpulkan 230 juta tampilan.

"Saat ini, semua pemimpin negara Eropa telah menunjukkan standar ganda dan mengutuknya (kerusuhan Washington)," baca satu komentar Weibo yang mendapatkan lebih dari 5.000 suka, seperti diberitakan AFP.

"Apa yang terjadi di Dewan Legislatif Hong Kong tahun lalu terulang di Capitol AS," tulis pengguna lain, yang mengumpulkan lebih dari 4.500 suka.

Presiden terpilih AS Joe Biden mengatakan para perusuh AS merusak demokrasi dengan mencoba membalikkan kekalahan Trump dalam pemilihan November. Dia menyebut aksi itu bukan sebagai bentuk protes, melainkan pemberontakan.

#Amerika Serikat