Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Sabtu, 02 Januari 2021 16:18

6 Cara Menghilangkan Bau Karpet Mobil

6 Cara Menghilangkan Bau Karpet Mobil

Ada cara menghilangkan bau karpet mobil sebenarnya gampang saja.

BUKAMATA - Kenyamanan di dalam kabin mobil menjadi salah satu yang harus diprioritaskan pemilik kendaraan.

Membuat nyaman di dalam mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti pemilihan jok yang empuk, perangkat head unit yang menarik, hingga karpet.

Ya, karpet yang wangi harus dimiliki oleh setiap mobil, meskipun terkadang suka muncul bau yang tak sedap dari komponen tersebut.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau karpet yang tak sedap? Dilansir Liputan6, ada cara menghilangkan bau karpet mobil sebenarnya gampang saja. Berikut ulasannya:

1. Keluarkan Karpet Mobil

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan karpet mobil. Jika baunya hanya ada di satu karpet, jangan hanya mengeluarkan itu saja.

Sebaiknya Anda mengeluarkan seluruh karpet agar dibersihkan sekaligus. Jadi sekali membersihkan, semua karpet menjadi wangi.

2. Basahkan Karpet Mobil

Kalau sudah mengeluarkan karpet, Anda bisa mulai membasahi dengan air bersih. Basahkan seluruh bagian karpet, termasuk bagian belakang. Dengan begitu maka kotoran dan noda hilang lebih baik.

Biasanya faktor karpet mobil menjadi bau adalah kotoran dan noda yang menempel secara terus menerus dan Anda tidak sadari.

Kalau masih ada noda dan kotoran yang sulit hilang, terus lakukan proses ini agar bisa hilang secara perlahan.

3. Berikan Sabun

Sama seperti cara membersihkan interior mobil, Membersihkan karpet dilakukan dengan memberikan sabun atau shampo mobil secukupnya ke seluruh permukaan. Fokuskan menaruh sabun di kotoran dan noda membandel agar bisa benar-benar hilang.

4. Sikat Karpet

Tidak hanya berhenti dengan memberikan sabun saja. Sekarang Anda bisa mulai menyikat karpet dengan sikat yang lebar. Tetap fokus kepada kotoran dan noda yang masih menempel. Kalau masih sulit hilang, coba pakai sikat yang tebal agar hasil gosokan lebih optimal lagi.

5. Cuci dengan Air Bersih

Jika sudah yakin karpet bersih dari kotoran dan noda, Anda tinggal mencucinya kembali menggunakan air bersih. Sebenarnya proses mencuci kembali dengan air bersih lebih bagus dilakukan ketika sedang menyikat karpet.

Biasanya dengan begitu kotoran dan noda lebih cepat hilang. Cuci seluruh permukaan dan sisi karpet agar sabun yang digunakan juga bisa dibilas dengan sempurna. Jangan sampai masih ada sisa sabun yang masih menempel.

6. Lakukan Penjemuran

Sekarang tinggal melakukan penjemuran saja. Mungkin Anda ingin karpet mobil cepat kering, namun sebaiknya jangan menjemurnya langsung terkena sinar matahari.

Jika melakukan hal ini maka warna dasar karpet akan memudar. Malah nanti tampilan karpet tidak bagus lagi. Lebih disarankan untuk menjemur karpet di tempat yang bisa terkena banyak angin.

#Mobil

Berita Populer