Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Minggu, 27 Desember 2020 09:47

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Penyebab Oli Mesin Berwarna Hitam Meski Baru Diganti

Namun terkadang oli mesin yang baru diganti sudah berwarna hitam. Lantas apa penyebab dari hal tersebut?

BUKAMATA - Oli diketahui memiliki peranan penting pada mesin kendaraan. Tujuanya sendiri untuk melindungi dua permukaan yang saling bergesekan agar tidak cepat aus.

Dengan fungsi seperti itu, oli mesin juga bisa menjadi penanda kondisi mesin apakah masih baik atau tidak. Caranya adalah mengecek tingkat kekentalan dan warna cairan oli mesin.

Namun terkadang oli mesin yang baru diganti sudah berwarna hitam. Lantas apa penyebab dari hal tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Kondisi itu bisa terjadi karena oli pada dasarnya berfungsi juga sebagai pembersih. Oli akan membersihkan dinding silinder dari oksidasi, kerak-kerak akibat proses pembakaran, serta pembersihan karbon.

Kemudian oli yang cepat menghitam biasanya diakibatkan karena mesin overheat alias terlalu panas. Dilansir Otosia, kondisi ini terjadi antara lain karena setelan kopling yang kurang pas, sehingga membuat selip dan oli menguap dengan cepat.

Penyebab lainnya biasanya karena adanya clearance atau ruang di antara gap piston dan boring yang terlalu sempit atau longgar. Masalah ini bisa diatasi dengan cara memasang oil cooler atau OBS (Oil Breathing System).

Namun sebelum itu terlebih dulu harus mengganti filter oli yang sudah gosong. Agar filter bisa menyaring oli dengan lebih baik lagi.

#Ganti Oli #Motor

Berita Populer