Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Senin, 14 September 2020 18:34

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Deretan Rute Penerbangan Tersingkat di Dunia, Ada Juga di Indonesia

Percaya atau tidak, ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan dengan durasi sesingkat itu.

BUKAMATA - Pesawat merupakan moda transportasi pilihan bagi wisatawan saat bepergian.

Selain nyaman, traveling naik pesawat bisa mempersingkat waktu untuk menuju destinasi wisata yang kamu sambangi.

Berapa lama waktu yang kamu habiskan saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat? Mungkin kurang dari satu jam atau bahkan lebih dari itu?

Ya, itu semua normal. Pesawat memang diciptakan untuk menempuh perjalanan jauh, dengan durasi sesingkat mungkin.

Tapi, bagaimana jika perjalanan yang kamu tempuh hanya dalam kurun waktu kurang dari 20 menit? Kira-kira apakah ada maskapai yang menyediakannya?

Percaya atau tidak, ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan dengan durasi sesingkat itu. Dilansir Kumparan, berikut tujuh rute penerbangan tersingkat di dunia.

1. Saipan ke Tinian (10 menit)

Freedom Air (Guam) menjadi maskapai yang melayani penerbangan singkat di dunia. Bagaimana tidak, maskapai tersebut melayani rute dari Saipan ke Tinian, Mariana Utara yang hanya ditempuh selama kurang lebih 10 menit.

Penerbangan rute tersebut dilakukan dengan pesawat bertipe Piper PA-31 Navajo.

2. Hoolehua (Molokai) ke Kalaupapa (10 menit)

Selanjutnya rute penerbangan tersingkat di dunia bisa kamu temukan di Hawaii.

Adalah Pasific Wings, maskapai ini menyediakan perjalanan menuju Hoolehua (Molokai) ke Kalaupapa, Hawaii menggunakan Cessna 208B. Dengan perjalanan sejauh 14,1 km, penumpang hanya perlu duduk tenang selama 10 menit.

3. Connemara ke Inishmaan (6 menit)

Pelanggan yang ingin melakukan perjalanan dari Connemara ke Inishmaan, Irlandia, bisa menumpang pesawat selama 6 menit saja.

Aer Arann, maskapai asal Irlandia siap mengantarkan para penumpangnya untuk menempuh perjalanan sejauh 16,7 km.

4. Minami-Daito ke Kita-Daito (3 menit)

Kemudian ada Ryukyu Air Commuter, sebuah maskapai yang melayani penerbangan di Jepang dengan rute Minami-Daito ke Kita-Daito.

Para penumpang akan diantar dengan pesawat Bombardier Dash 8, untuk menempuh jarak sejauh 11,2 km. Penerbangan rute ini hanya ditempuh dalam waktu sekitar 3 menit.

5. Caye Chapel ke Caye Caulker (2 menit)

Posisi berikutnya ada Maya Island Air. Cukup duduk menggunakan sabuk pengaman selama dua menit saja, penumpang akan tiba di Caye Cauker, Belize di Laut Karibia.

Ya, para pelanggan nantinya akan menggunakan Cessna 208 Caravan untuk melakukan perjalanan sejauh 3,8 km.

6. Desa Kegata ke Apowo (73 detik)

Salah satu rute penerbangan terpendek di dunia juga terdapat di Papua. Adalah maskapai Pilatus Porter yang melayani rute dari Desa Kegata ke Apowo.

Rute penerbangan di Papua itu ternyata sudah jauh hari diceritakan oleh seorang pilot yang bernama Matt Dearden. Ia merupakan pilot pada pesawat Pilatus Porter.

Matt sendiri mengakui kalau penerbangan dari Kegata ke Apowo dihiasi pemandangan indah. Walau, landasan pacunya hanya berupa tanah dan sangat licin jika sudah terkena hujan, penerbangan 73 detik menurutnya sangat menyenangkan.

Sayang, Matt tidak menjelaskan dengan rinci di mana Desa Kegata dan Apowo, serta berapa harga tiket untuk naik pesawatnya. Jika dilihat dari peta, kedua desa tersebut lokasinya ada di selatan dari Nabire. Mungkin, di sekitar Pegunungan Weyland.

7. Westray ke Papa Westray (47 detik)

Penerbangan paling singkat dipegang oleh maskapai Loganair yang membuka rute Westray ke Papa Westrya, Kepulauan Orkney di Skotlandia. Dengan jarak 2,7 km, penerbangan ini memakan waktu hanya 47 detik saja.

Selain penerbangan antara Westray dan Papa Westray, juga terdapat rute yang tidak kalah singkat, yakni antara Pulau Eday dengan Pulau Kirkwall yang menempuh waktu terbang sekitar 10 menit.

Kedua penerbangan tersebut biasanya dilakukan berurutan menggunakan pesawat Britten Norman BN2B-26 Islander yang mampu membawa delapan penumpang.

#Penerbangan Tercepat #Pesawat