Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Minggu, 30 Agustus 2020 11:18

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Mengenal Macam-macam Sabuk Pengaman Mobil

Sejak awal ditemukan hingga saat ini, berbagai macam jenis sabuk pengaman mobil. Biasanya, untuk jenis mobil yang berbeda, sabuk pengamannya juga berbeda.

BUKAMATA - Seatbelt atau sabuk pengaman menjadi standar keselamatan yang wajib ada di mobil. Pasalnya, fitur ini dianggap mampu meminimalisasi potensi luka berat atau meninggal dunia saat terjadi kecelakaan.

Dengan semakin pentingnya fungsi komponen tersebut, banyak mobil yang bahkan sudah dilengkapi sabuk pengaman tiga titik.

Sejak awal ditemukan hingga saat ini, berbagai macam jenis sabuk pengaman mobil. Biasanya, untuk jenis mobil yang berbeda, sabuk pengamannya juga berbeda.

Dilansir Liputan6, Minggu (30/8/2020), ada beberapa macam jenis sabuk pengaman yang ada. Semua jenis sabuk pengaman mempunyai fungsi yang berbeda-beda, disesuaikan dengan jenis mobil yang dipakai.

Berikut, beberapa jenis sabuk pengaman yang terpasang di berbagai jenis mobil:

1. Satu Titik Pangkuan

Bentuk dari sabuk pengaman satu titik ini merupakan bentuk yang paling sederhana. Jenis ini hanya terdiri dari satu buah sabuk. Pemakaiannya juga cukup mudah, hanya dengan menyilangkan di atas pangkuan penumpang.

Jenis sabuk ini biasa dipakai pada jenis mobil-mobil tua. Sabuk satu titik ini biasanya juga digunakan pada kursi penumpang di tengah pada bagian belakang.

Sabuk pengaman jenis ini biasa disebut dengan sabuk pangkuan yang juga digunakan pada kursi penumpang pesawat terbang.

2. Dua Titik

Sabuk pengaman jenis ini terdiri dari dua buah sabuk. Sistem penahannya menggunakan dua titik, yaitu pada bagian dada atau bahu dan bagian perut.

Sabuk ini digunakan dengan cara menyilang atau biasa disebut sabuk diagonal.

3. Sash

Jenis sabuk pengaman ini digunakan dengan cara melintang melewati bahu. Sabuk ini bisa disesuaikan dalam penggunaannya. Kelemahannya, sabuk jenis ini mudah sekali untuk terlepas.

4. Pangkuan dan sash

Ini merupakan perpaduan antara sabuk jenis pangkuan dan sash. Sabuk ini terdiri dari dua bagian yang terpisah. Sabuk jenis ini biasanya digunakan di kursi penumpang bagian belakang.

5. Tiga titik

Sabuk pengaman jenis ini juga merupakan perpaduan antara sabuk pangkuan dan sash.

Jenis sabuk ini membentuk satu jaringan yang berkesinambungan, dan menyebarkan energi dari tubuh yang bergerak saat terjadi benturan/ kecelakaan. Safety belt ini melindungi bagian dada, bahu, dan selangkangan.

Meskipun terdapat berbagai jenis, tetapi intinya semua jenis sabuk pengaman mobil mempunyai fungsi yang sama.

Karena kegunaan alat ini sangat penting, maka disarankan bagi pengemudi dan penumpang mobil untuk mematuhi peraturan dengan memakai alat pengaman tersebut.

#sabuk pengaman #Mobil