Aswad Syam
Aswad Syam

Minggu, 12 Juli 2020 16:32

Songkolo Inikaue
Songkolo Inikaue

Santap Makanan Enak Sambil Nostalgia dengan Kampung Halaman

Menggoyang lidah sambil mengingat kamoung halaman, bisa didapatkan dari Songkolo Inikaue milik Ayu Yuliana.

MAKASSAR, BUKAMATA - Akhir-akhir ini, banyak masyarakat Makassar sudah peduli dengan apa yang mereka konsumsi. Bukan hanya dari makanannya yang enak bergizi, tapi juga proximity-nya atau kedekatan kedaerahannya.

Banyak penggemar kuliner yang mencari camilan yang bisa membuat mereka bernostalgia terhadap kampung halaman lewat makanan. Apalagi jika bahan dasarnya sangat susah dijumpai di Kota Makassar.

Memilih makanan yang enak tapi berasa di kampung, tentu menjadi dambaan para perantau. Tetapi repot juga jika harus menikmatinya dengan cara pulang kampung. Apalagi jika jaraknya yang jauh dan harus menghabiskan biaya yang besar.

Kini, ada SONGKOLOINIkauE yang memenuhi persyaratan tersebut. Yaitu jajanan online yang memakai ikan asap tuna dan dempo yang biasanya cuman bisa di temui di Kabupaten bone.

"Cara ordernya juga mudah hanya dengan cara menghubungi akun instagram sang pemilik jajanan dengan username @ayuyulianaa, tapi saat ini hanya bisa memproduksi 10-20 paket perharinya, itupun tidak melayani pengantaran keluar negeri," terang Owner SONGKOLO INIkauE, Ayu Yuliana, sambil tertawa.

Songkolo milik Ayu ini, bukan songkolo biasa. Karena pada umumnya, songkolo di Kota Makassar memakai lauk ikan teri tetapi songkolo milik ibu ayu ini memakai lauk bale tapa (ikan asap tuna khas Kabupaten Bone) dan ikan dempo (ikan kering khas Kabupaten Bone).

Awal munculnya ide songkolo kata Ayu, karena jajanan anak kekinian yang hampir melupakan makanan daerahnya akibat dari menjamurnya junkfood dan fastfood.

Tak cukup seminggu, makanan songkolo ikan asap tuna dan dempo milik Ayu mendapat respons yang bagus dari para pelanggan, para penikmat kuliner dan selebgram mulai ramai merekomendasikan songkolo ini, mulai dari selebgram @rismaardillah dalam instastory nya menuliskan "super high recommended" hingga seorang netizen @maipads dalam instastorynya menulis " songkolo paling enak mi ini,seriusssss".

 

Soal harga, Anda tak usah terlalu pusing memikirkannya, karena pastinya lebih murah dari junkfood atau fastfood dari negeri luar. Sebab rata-rata harga songkolonya ini dimulai dari Rp17 ribu hingga Rp30 ribu. Menarik bukan dengan harga tersebut, Anda bisa menyantap makanan enak berkearifan lokal tanpa harus ke Kabupaten Bone. Sekadar diketahui, jarak Kota Makassar ke Kabupaten Bone rata-rata menghabiskan waktu 4-5 jam perjalanan mobil seperti dilansir dari Google Map.

#Makanan

Berita Populer