Ibnu Kasir
Ibnu Kasir

Kamis, 21 Mei 2020 16:31

IST
IST

Detik-detik Habib Umar Assegaf Dipukul Petugas Saat Langgar PSBB

Rak terima disuruh putar balik oleh petugas, Habib Umar Assegaf Bangil pun turun dari mobil dan terjadilah adu mulut hingga perkelahian dengan petugas Satpol PP.

BUKAMATA - Sebuah video yang menggambarkan Habib Umar Assegaf Bangil berkelahi dengan petugas PSBB di check point exit tol Surabaya, Jawa Timur, viral dan menjadi sorotan. Berdasarkan

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (20/5/2020), sekitar pukul 16.45 WIB. Saat itu, Habib Umar Assegaf Bangil mengemudikan mobil Toyota Camry bernopol N 1 B.

Karena tak terima disuruh putar balik oleh petugas, Habib Umar Assegaf Bangil pun turun dari mobil dan terjadilah adu mulut hingga perkelahian dengan petugas Satpol PP.

Salah seorang petugas kepolisian yang berusaha meredam emosi Habib Umar Assegaf Bangil pun juga jadi sasaran. Beruntung petugas kepolisian bisa meredam emosinya.

"Bapak jangan mentang-mentang pak. Ini memang aturan pak," kata anggota polisi pada Habib Umar Assegaf Bangil.

Mendengar perkataan polisi, Habib Umar Assegaf Bangil langsung membalikkan badannya dan menghampiri polisi tersebut. Beruntung tidak terjadi perkelahian.

Yang menjadi sasaran Habib Umar berikutnya adalah anggota Satpol PP. Saat Habib Umar Assegaf Bangil kembali ke mobilnya, tangan kanannya terkepal sambil diarahkan ke petugas Satpol PP seraya mengancam.

Melihat ancaman tersebut, anggota Satpol PP pun tertawa. Ternyata, tawaan Satpol PP makin membuat emosi Habib Umar Assegaf Bangil.

Seketika itu pun Habib Umar Assegaf Bangil menghampiri Satpol PP dan mendorongnya dengan sekuat tenaga. Mata Habib Umar Assegaf Bangil pun melotot tajam.

Perkelahian pun tak terhindarkan. Anggota Satpol PP yang didorong membalas dengan pukulan dan tendangan. Keduanya saling adu pukul sampai-sampai petugas Satpol PP terjatuh.

Anggota polisi akhirnya melerai perkelahian tersebut dan meminta Habib Umar Assegaf Bangil untuk kembali ke daerahnya.

"Sudah pak. Tolong hargai kita. Monggo silahkan balik," pinta anggota polisi.

Anggota Satpol PP pun menimpali perkataan polisi. "Hargai petugas bapak. Bapak itu dari luar kota dikasih tau betul-betul," ucap Satpol PP.

Namun tetap saja si Habib tidak terima dengan aturan PSBB. Bahkan Habib Umar Assegaf Bangil sampai-sampai mengaku kalau dirinya dari Polda. Namun tak jelas Polda mana yang dia akui.

"Kalau bapak dari Polda harusnya lebih tahu aturan," kata Satpol PP.

Tak lama kemudian, Habib Umar pun menyerah dan memilih putar balik. Insiden tersebut kemudian viral di media sosial.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKP Teddy Chandra menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi di exit tol Satelit sekitar pukul 17.00 WIB pada Rabu (20/5/2020).

Mengenai kronologi kejadian, Teddy mengatakan kendaraan Toyota Camry tersebut ketika menuju ke Surabaya di pos check point Satelit dihentikan karena di dalamnya mengangkut penumpang lebih dari 50 persen kapasitas kendaraan.

"Dari kami sendiri tak bisa menginterogasinya, karena memang kejadiannya seperti itu. Jadi, intinya itu kan pos check point dan ada kendaraan sedan plat nomor N 1 B yang hendak menuju Surabaya," jelasnya.

"PSBB kan SOP-nya kalau dari luar daerah ada pemeriksaan, platnya kan N. Nah itu dilakukan pemeriksaan didapati sopirnya tak pakai masker dan penumpangnya tak sesuai dengan aturan 50 persen kapasitasnya," kata dia dilansir Suara.

Ketika petugas mencoba mengingatkan untuk putar balik, dengan kondisi di dalam mobil saat itu berisi 5 orang. Pria tersebut tak terima dan terjadilah cekcok.

"Sebenarnya, kalau versi anggota supirnya manut (mau putar balik), tapi bapak yang pakai baju putih malah keluar dan akhirnya terjadi cekcok seperti di video," lanjutnya.

Peristiwa seperti ini sangat disayangkan oleh Teddy. Ternyata, masih banyak masyarakat yang belum paham dengan aturan PSBB. Pun, saksi yang diberikan kepada pelanggar hanya akan disuruh kembali ke daerah asalnya. 

 

#Habib Umar Assegaf #PSBB