Aswad Syam
Aswad Syam

Rabu, 20 Mei 2020 03:43

Andi Yuni Gerhani
Andi Yuni Gerhani

Pelajaran dari Pandemi, Kita Butuh Orang Lain

Kita adalah makhluk sosial yang tidak visa hidup tanpa bantuan orang lain. Namun terkadang kesombongan membuat kita lupa. Pandemi Covid-19 datang mengingatkan.

BUKAMATA - Pandemi Covid-19 bertepatan dengan datangnya Ramadan. Tentu ada perbedaan, tapi prinsipnya puasa harus tetap dijalankan seperti suasana normal. Karena itu kewajiban selaku muslim. Demikian diungkap Andi Yuni Gerhani S, SE. Manajer Keuangan PT NEK, perusahaan yang bergerak di bidang distribusi solar industri Pertamina.

Wanita yang akrab disapa Yuyun ini mengungkap, puasa kali ini tidak bisa tarawih berjemaah dan iktikaf di masjid seperti puasa sebelumnya. Karena mesti ikut imbauan pemerintah untuk salat di rumah saja.

Ketua Ikatan Sarjana Pemuda Pancasila Bone ini, mengaku paling merindukan buka puasa bersama keluarga besar, bersedekah bagi takjil ke kaum duafah yang sekarang tidak bisa lagi sebanyak dulu, karena ekonomi sedang sulit akibat dampak Covid-19.

Untuk membunuh rasa bosan, Wakil Ketua DPD KNPI Bone ini lebih memperbanyak tadarus dan ibadah lain di rumah, juga memperbanyak bermain dengan keluarga di rumah, terutama dengan anak-anak.

"Juga memperbaiki dan menata ulang isi rumah, yang selama ini tidak sempat dilakukan karena kesibukan di luar rumah," ungkap wanita berzodiak Gemini ini.

Penyuka racca' mangga ini mengaku mengambil pelajaran penting dan hikmah dari pandemi ini. Menurutnya, sehebat dan secanggih apapun teknologi manusia, ternyata memang tak mampu menandingi kekuasaan Allah Swt.

"Sehebat apapun kita, tak pantas menyombongkan diri di hadapan manusia lain, terlebih di hadapan Allah Swt," jelasnya.

Selain itu lanjut wanita kelahiran 10 Juni ini, pandemi Covid-19, membawa pesan bahwa tak ada manusia yang mampu hidup sendiri.

"Tiap orang membutuhkan orang lain. Maka kita seharusnya wajib membantu orang-orang yang sedang kekurangan. Wajib memelihara dan memanjangkan silaturrahmi, " terangnya.

Pehobi membaca buku ini, berbagi tips buat orang-orang yang tetap kerja di tengah pandemi. "Jalani rutinitas sperti biasa saat bekerja di kantor. Mandi pagi dan sarapan seperti sebelumnya. Tetap berpakaian rapi di rumah seperti saat bekerja di kantor. Istirahat dan tidur yang cukup seperti biasanya sebelum ada pandemi. Perbanyak berinteraksi/bermain dengan keluarga, terutama dengan anak-anak, serta olah raga secukupnya," pungkasnya. (*)

---------

DATA DIRI

Nama: A. Yuni Gerhani S, SE

Pekerjaan : Manager Keuangan PT NEK

Agama: Islam

Umur: 10 Juni

Zodiak: Gemini

Hobi : Membaca

Kuliner Favorit: Racca Mangga

Organisasi: Ketua Ikatan Sarjana Pemuda Pancasila, Wakil Ketua DPD KNPI Kab Bone.

#Ramadan