Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bolehkah Minum Kopi saat Tubuh Sakit?

Secangkir kopi disebut tak akan masalah diminum ketika tubuh sakit ringan atau tidak enak badan.

BUKAMATA - Bagi penikmat kopi, tidak enak rasanya jika sehari tak minum kopi. Bahkan ketika sakit, mereka kemungkinan akan tergoda minum kopi.

Tapi memertimbangkan kandungan kafein kopi, apakah kopi aman diminum selama tubuh sakit?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology, bagi peminum kopi rutin, secangkir kopi tak akan masalah diminum ketika tubuh sakit ringan atau tidak enak badan, karena mampu meningkatkan energi tubuh.

Tapi jika tak biasa minum kopi, sebaiknya hindari minum kopi karena untuk yang tak terbiasa, kopi bisa memberikan efek dehidrasi dan diare.

Banyak penelitian, salah satunya yang dimuat dalam Journal of Human Nutrition and Dietetics menemukan bahwa kandungan kafein kopi bersifat diuretik dan menimbulkan dehidrasi sehingga kemungkinan juga memicu mual hingga diare.

Bukan hanya itu, dilansir Fimela, karena kandungan asam pada kopi yang cukup tinggi, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah lambung.

Kopi juga bereaksi dengan obat-obatan tertentu, lebih baik tidak minum kopi jika minum obat-obatan antibiotik dan obat stimulan seperti pseudoephedrine yang sering digunakan untuk membantu meringankan gejala flu dan pilek.

Jadi, untuk lebih amannya, akan lebih baik berhenti minum kopi dulu agar tidak mengganggu reaksi obat dalam tubuh dan berbagai alasan lainnya di atas ya Sahabat Fimela.

 

#Kopi #sakit