Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Selasa, 31 Maret 2020 20:33

Ilustrasi.
Ilustrasi.

5 Pasien Positif Corona di Sulsel Akhirnya Sembuh

Lima dari 50 orang pasien positif Corona di Sulawesi Selatan sembuh.

MAKASSAR - Kabar baik muncul di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang saat ini menerjang Sulawesi Selatan. Dari 50 pasien positif Covid-19 di Sulsel hingga hari ini, Selasa (31/3/2020), 5 orang diantaranya dilaporkan sembuh.

Kabar baik itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Mohammad Husni Thamrin. Kelima pasien sembuh itu dirawat di RS Stella Maris, Makassar.

"Dari 50 kasus positif ini, kita sementara konfirmasi. Sudah ada laporan dari RS Stella Maris bahwa ada yang sembuh 5 orang," jelas Husni dalam video conference dengan awak media, Selasa (31/3/2020) malam.

"Tapi kita belum berani masukkan di website karena belum ada laporan resminya. Data di web saat ini masih tertulis 0 pasien sembuh atau 0 persen kesembuhan," tambahnya.

Menurut Husni, proses sembuhnya seorang pasien positif Covid-19 memang butuh waktu yang agak lama. Sebab, katanya, seorang pasien positif harus melewati masa isolasi minimal 14 hari. Setelah proses karantina itu, pemeriksaan swab akan kembali dilakukan oleh tim medis.

"Jadi bukan karena angka 0 di website berarti tidak ada perkembangan kesembuhan sama sekali. Ada masa isolasi yang harus dilewati minimal 14 hari. Makanya kita harus bersabar. Setelah dikarantina mereka akan diuji swab lagi, kalau negatif baru dinyatakan sembuh," kata Husni.

Secara umum, kata Husni, kondisi kesehatan semua pasien positif Covid-19 di Sulsel mengalami peningkatan. Kondisi mereka nampak semakin membaik setelah hampir dua pekan belakangan ini dilakukan isoalasi atau proses karantina.

"Secara umum ada beberapa yang sudah membaik. Tapi dalam protokol pelaksanaan, pasien itu baru bisa dikatakan sembuh setelah menjalani dua kali pemeriksaan yang hasilnya negatif. Rata-rata sudah satu kali pemeriksaan dan hasilnya negatif. Semoga di pemeriksaan selanjutnya hasilnya kembali negatif supaya dinyatakan sembuh," demikian Husni.

Penulis : Rizal
#Virus Corona #Sulsel