Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Sabtu, 28 Maret 2020 15:34

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. IST
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. IST

Sudah 5 Positif Corona di Gowa, Pemkab Tanggung Kebutuhan Pokok Pasien

Hingga Sabtu (28/3/2020) sore, total 5 kasus positif telah ditemukan di Kabupaten Gowa.

MAKASSAR - Kabupaten Gowa menjadi salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang terkena imbas penyebaran virus corona atau Covid-19.

Hingga Sabtu (28/3/2020) sore, total 5 kasus positif telah ditemukan di kabupaten bersejarah itu. Dengan demikian, berarti ada penambahan dua kasus baru setelah sebelumnya hanya tiga kasus. Kedua kasus positif tersebut dikabarkan beralamat di Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, serta di Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 7 orang. Serta Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga berjumlah 7 orang. Seluruh pasien positif dirawat disejumlah rumah sakit rujukan. Sementara yang lainnya diisolasi secara mandiri di dalam rumah masing-masing.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjelaskan jika kebutuhan pokok, baik yang positif maupun yang berstatus PDP dan ODP menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

"Kita sudah lakukan pendataan. Baik yang positif, PDP maupun ODP itu kita beri bantuan sembako kepada mereka. Kita akan cukupi kebutuhan pokok mereka selama menjalani masa isolasi selama 14 hari. Perkembangan mereka juga akan kita pantau," kata Adnan dalam video conference dengan unsur Forkopimda, camat dan media, Sabtu (28/3/2020).

Kebijakan tersebut, kata Adnan, diputuskan demi menekan angka penyebaran virus corona di Kabupaten Gowa.

Anggaran untuk kebutuhan pokok para pasien tersebut, katanya, berasal dari pengalihan anggaran disejumlah SKPD yang ada.

"Itu kebijakan yang kami ambil kemarin. Kita akan lakukan revisi APBD Gowa dan menunda beberapa kegiatan. Anggarannya akan kita alihkan ke penanganan Covid-19 ini," demikian Adnan.

 

Penulis : Rizal
#Virus Corona #Gowa #Pemkab Gowa