Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Senin, 09 Maret 2020 19:54

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ini Penyebab AC Mobil Bau Apek

Bau tak sedap kerap muncul di mobil. Penyebabnya karena ada kotoran yang menumpuk di AC mobil.

BUKAMATA – Air conditioner (AC) menjadi fitur kenyamanan mobil yang tak dihilangkan dari mobil.

Tapi, kenyamanan bisa berkurang saat udara yang dihirup tidak sedap atau ‘apek’. Lantas apa saja yang menyebabkan AC mobil mobil mengeluarkan bau apek?

Dalam sistem AC, ada beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain. Diantaranya adalah kompressor, kondesor, receiver, drier, dan evaporator.

Hembusan angin sejuk yang keluar sebelumnya mengalami proses dalam evaporator, dengan memanfaatkan zat pendingin bernama freon.

Setelah dingin, udara dialirkan kembali ke dalam kabin bersama tiupan dari blower.

Namun, udara yang mengalir menuju evaporator rentan terkontaminasi berbagai kotoran, umumnya sudah dipasang filter guna menyaring hawa dari dan ke dalam kabin mobil.

Namun kotoran semakin menumpuk, lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap di dalam kabin yang disalurkan melalui blower AC.

Lebih lanjut, dilansir Detikcom, bau tak sedap juga akibat dari evaporator kotor. Apalagi kalau sampai berlendir juga akan membuat jamur dan spora tumbuh dengan sangat cepat. Ini juga merupakan sumber bau tidak sedap yang kalau dibiarkan akan menyebarkan bibit penyakit.

Bau yang timbul biasanya konsisten sejak AC dinyalakan dan udara dingin di dalam kabin Anda akan terasa tidak nyaman karena sangat lembab dari biasanya.

Disarankan, filter AC diganti setiap 10.000 km. Jika anda sulit untuk mengukur, anda bisa menggunakan hitungan bulan. Waktu yang tepat untuk mengganti filter AC adalah 6 bulan sekali.

#Mobil #AC Mobil