Wiwi
Wiwi

Rabu, 12 Juni 2024 06:05

Sejarah Baru! Timnas Indonesia Makin Dekat Main di Piala Dunia

Sejarah Baru! Timnas Indonesia Makin Dekat Main di Piala Dunia

Kepastian tersebut diraih setelah timnas Indonesia membungkam Filipina dengan dua gol tanpa balas pada Selasa (22/6/202) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

BUKAMATA - Timnas Indonesia mengukir sejarah baru dengan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda berhak lolos sebagai runner-up di Grup F.

Kepastian tersebut diraih setelah timnas Indonesia membungkam Filipina dengan dua gol tanpa balas pada Selasa (22/6/202) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Kemenangan menghadapi Filipina membuat Indonesia mengoleksi 10 poin dan melaju ke ronde ketiga Piala Dunia sekaligus lolos ke babak final Piala Asia 2027.

Pencapaian gemilang timnas Indonesia pada 38 tahun silam, tepatnya 1986. Saat itu formatnya berbeda, dengan 27 tim peserta dan dibagi menjadi dua zona yakni Barat dan Timur untuk babak pertama.

Indonesia masuk Grup 3B Zona Timur dan mampu menjadi juara grup dengan mengumpulkan sembilan poin hasil dari empat kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Pada saat itu menang mendapatkan dua poin. Indonesia bersanding dengan India, Thailand, dan Bangladesh di Grup 3B.

Lolos ronde pertama, timnas Indonesia harus menghadapi Korea Selatan di putaran kedua. Sayangnya Indonesia takluk dalam pertemuan dua leg dengan skor akhir 0-2 dan 1-4. 

Pada akhirnya Korea Selatan melaju ke babak akhir dan menghadapi Jepang dengan dua leg. Korea Selatan pun lolos ke Piala Dunia setelah menang agregat 3-1 atas Jepang.

"Kita pernah masuk sub Grup 3B waktu itu dan ketemu sub grup lain, kebetulan ketemu Korea yang akhirnya mewakili Asia di Piala Dunia ia 1986 Meksiko," kata anggota skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 1986, Zulkarnain Lubis, saat berbincang dengan detikSport medio 2017.

"Akhirnya kita kalah (dari Korea). Tetapi itu sangat berkesan. Saya waktu itu satu tim sama Rully Nere," ujar Zulkarnain Lubis pada saat itu.

#Timnas Indonesia #piala dunia

Berita Populer