Wiwi
Wiwi

Selasa, 28 Mei 2024 07:33

Sempatkan Olahraga Ringan Agar Tetap Bugar Selama Perjalanan

Sempatkan Olahraga Ringan Agar Tetap Bugar Selama Perjalanan

Selama melakukan perjalanan, latihan mobilitas sekitar 10 menit saat berada di penginapan atau hotel dapat dilakukan untuk mengurangi stres serta meredakan kekakuan otot dan sendi setelah duduk lama.

BUKAMATA - Meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan dan peregangan bisa membantu meredakan stres serta kekakuan otot dan persendian selama dalam perjalanan.

Selama melakukan perjalanan, latihan mobilitas sekitar 10 menit saat berada di penginapan atau hotel dapat dilakukan untuk mengurangi stres serta meredakan kekakuan otot dan sendi setelah duduk lama.

Menurut siaran Well and Good dilansir Selasa (28/5), latihan mobilitas terdiri atas gerakan-gerakan yang memadukan peregangan statis dan peregangan aktif.

"Latihan mobilitas juga mencakup menggerakkan persendian kita melalui rentang gerak aktifnya dengan sedikit atau tanpa beban," kata Kyle Farley, pelatih pribadi dan direktur kebugaran di Fit Athletic Club.

Ia mengatakan, gaya olahraga ini sangat bagus untuk kesehatan sendi, postur tubuh, dan pencegahan cedera serta meredakan kelelahan dan kecemasan selama dalam perjalanan.

Berikut beberapa latihan yang menurut Farley dapat dilakukan di hotel agar badan tetap bugar selama dalam perjalanan.

Peregangan fleksor panggul statis

Latihan ini dimulai dengan posisi setengah berlutut dengan menempatkan kaki kiri ke depan pada sudut 90 derajat dan menaruh lutut kanan di lantai dengan posisi kaki kanan pada sudut 90 derajat. Setelah itu, geser berat badan sedikit ke depan sampai merasakan regangan di bagian depan pinggul. Tahan posisi selama 30 detik, lalu ulangi di sisi lainnya.

Menekuk lutut sambil memutar punggung

Mulai latihan dengan posisi setengah berlutut dengan menempatkan kaki kiri ke depan pada sudut 90 derajat dan menempatkan lutut kanan di lantai pada sudut 90 derajat. Selanjutnya, letakkan kedua tangan di lantai sejajar dengan kaki kiri, angkat lengan kiri, dan putar tubuh bagian atas ke kiri. Putar hingga lengan kiri terentang sepenuhnya ke arah atas. Setelah itu, kembali ke posisi awal dan ulangi di sisi lainnya. Lakukan lima repetisi di setiap sisi.

Peregangan punggung bawah

Latihan ini dilakukan dengan membaringkan badan telentang dengan kaki terentang kemudian menarik lutut kanan ke arah dada menggunakan tangan kiri dan membiarkannya jatuh melintasi tubuh sambil menjaga bahu kanan tetap di lantai. Tahan posisi sebentar, lalu kembali ke posisi awal dan ganti sisi. Lakukan lima repetisi di setiap sisi.

Pose merpati statis

Jenis latihan ini dimulai dengan posisi meja dengan tangan dan lutut di lantai, kemudian memajukan lutut kanan ke depan dan meletakkannya di belakang pergelangan tangan kanan. Selanjutnya, turunkan pinggul kanan, tulang kering, dan pergelangan kaki ke lantai lalu geser kaki kiri ke belakang hingga lurus.

Turunkan tubuh bagian atas ke lantai untuk memperdalam regangan di pinggul. Tahan selama 30 detik, lalu ulangi di sisi lainnya.

Peregangan leher statis

Mulai latihan dengan duduk atau berdiri tegak, lalu letakkan tangan kiri di belakang punggung dan tangan kanan di atas kepala. Miringkan kepala secara perlahan ke kanan hingga merasakan regangan pada leher dan bahu. Tahan selama 30 detik, lalu ulangi di sisi lainnya.

Posisi burung-anjing

Mulai latihan dengan posisi meja, posisi punggung rata dengan tangan dan lutut sebagai penyangga. Setelah itu, rentangkan lengan kiri ke depan dan kaki kanan ke belakang dengan menjaga pinggul tetap sejajar. Tahan sebentar, lalu kembali ke posisi awal dan ganti sisi. Lakukan lima pengulangan di setiap sisi.

#olahraga ringan #manfaat olahraga

Berita Populer