Samsul Bahri
Samsul Bahri

Minggu, 24 September 2023 11:58

Pantai Simeulue Aceh Diguncang Gempa Bumi Tektonik 5,1 Magnitude

Pantai Simeulue Aceh Diguncang Gempa Bumi Tektonik 5,1 Magnitude

gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

BUKAMATA - Wilayah Pantai Tenggara Simeulue Aceh diguncang gempa tektonik. gempa ini berkekuatan parameter dengan magnitudo M5,1.

Gempa ini terletak pada koordinat 1,86° LU ; 96,83° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 Km arah BaratLaut Nias Utara, Sumatera Utara, Minggu (24/9/2023)

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik," ungkap Daryono.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, tambah Daryono, gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Teupah Selatan, Simeulue, Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini," terang Daryono.

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa.

#Gempa Bumi #Aceh #BMKG