Hikmah
Hikmah

Rabu, 20 September 2023 19:03

Bank BRI Ingatkan Nasabah Agar tak Klik Link Sembarangan untuk Hindari Soceng, Apa Itu?

Bank BRI Ingatkan Nasabah Agar tak Klik Link Sembarangan untuk Hindari Soceng, Apa Itu?

Soceng merupakan teknik manipulasi yang bertujuan untuk memperoleh akses ke informasi pribadi yang bersifat rahasia.

BUKAMATA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, terus berupaya memerangi berbagai bentuk kejahatan perbankan, termasuk teknik rekayasa sosial atau yang dikenal sebagai social engineering (Soceng) demi menjaga keamanan dan kenyamanan nasabahnya.

Soceng merupakan teknik manipulasi yang bertujuan untuk memperoleh akses ke informasi pribadi yang bersifat rahasia.

informasi tersebut termasuk  data transaksi, seperti username, password dompet digital, bahkan aplikasi mobile banking, oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan akses ini, para pelaku kejahatan (fraudster) dapat melakukan transaksi perbankan yang merugikan nasabah.

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, kembali mengingatkan seluruh nasabah dan masyarakat untuk selalu waspada terhadap berbagai modus tindakan kejahatan social engineering.

"Nasabah juga diimbau untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dan data transaksi perbankan kepada pihak mana pun, termasuk kepada pihak yang mengatasnamakan BRI. Selain itu, nasabah juga diminta untuk tidak mengklik link dan meng-install file APK dari sumber-sumber yang tidak dapat dipastikan kebenarannya," kata Hendy dalam siaran pers, Rabu 20 September 2023.

Menurut Hendy, dengan menjaga kerahasiaan data perbankan dan tetap berhati-hati dalam menerima pesan yang datang, berbagai modus penipuan soceng dapat dengan mudah dihindari.

BRI akan terus mengedukasi serta mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada terhadap modus-modus penipuan baru yang menggunakan soceng sebagai alatnya.

Hendy menjelaskan beberapa langkah antisipasi yang dapat diambil, seperti berhati-hati saat menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal yang mencantumkan link atau file berformat APK.

Selain itu, selalu waspada terhadap file yang disertai pengumuman atau pemberitahuan yang berisi ancaman yang dapat membuat anda panik, resah, atau takut.

"Jangan sembarangan mengklik link atau file yang dikirimkan. Jika sudah terlanjur mengklik dan menginstal file tersebut, segera matikan koneksi data seluler dan Wi-Fi pada perangkat," tambahnya.

Lebih lanjut, Hendy menyarankan untuk membersihkan data dan cache aplikasi yang terpengaruh, serta menghapus aplikasi tersebut dari perangkat. Selain itu, ubah username, PIN, dan password mobile banking, termasuk email pribadi.

"Dalam situasi yang lebih parah, sebaiknya melakukan reset pabrik (factory reset) pada handphone Anda. Untuk melaporkan indikasi modus penipuan yang terjadi, silakan hubungi Contact BRI di nomor 1500017," pungkas Hendy.

#bank bri #Penipuan

Berita Populer