Redaksi
Redaksi

Selasa, 19 September 2023 15:12

Selebrasi pemain Timnas U22 Indonesia, Marselino Ferdinan (kiri) dengan Beckham Putra Nugraha setelag gol pertama ke gawang Filipina dalam ajang SEA Games 2023 penyisihan grup A di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja, Sabyu (29/4/2023) sore. Gol pertama Timnas U22 Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan.
Selebrasi pemain Timnas U22 Indonesia, Marselino Ferdinan (kiri) dengan Beckham Putra Nugraha setelag gol pertama ke gawang Filipina dalam ajang SEA Games 2023 penyisihan grup A di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja, Sabyu (29/4/2023) sore. Gol pertama Timnas U22 Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan.

Skuad Garuda Krisis Pemain, Timnas Indonesia U-24 Menuju Asian Games 2023

Indra telah mengonfirmasi bahwa Beckham tidak akan dapat bermain di Asian Games 2023 karena mengalami cedera

BUKAMATA - Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi Kirgistan pada laga perdana Grup F Asian Games 2022 (2023) di Stadion Zhejiang Normal University East, Hangzhou, China, Selasa (19/9/2023) malam WIB. Namun, menjelang laga tersebut, pelatih Indra Sjafri menghadapi kendala terkait ketersediaan pemain.

Awalnya, pelatih asal Sumatra Barat ini telah menyiapkan 22 pemain untuk perhelatan ini. Namun, mendekati pertandingan tersebut, terdapat pemain yang dikabarkan tidak dapat membela Merah Putih karena cedera dan tidak diperbolehkan oleh klub mereka. Mereka adalah Beckham Putra Nugraha, Ramadhan Sananta, dan Kadek Arel.

Sebelumnya, Indra telah mengonfirmasi bahwa Beckham tidak akan dapat bermain di Asian Games 2023 karena mengalami cedera. Namun, pelatih yang membawa Indonesia meraih juara SEA Games tersebut mungkin tidak pernah menduga bahwa Ramadhan Sananta juga tidak akan tersedia dalam ajang multievent tersebut. Hal ini tentu membuat Indra merasa kecewa.

"Dari hasil diskusi dan komitmen saya dengan klub, salah satunya Persis Solo, kami telah sepakat untuk melepaskan pemain guna memperkuat timnas Asian Games. Kami hanya memanggil satu pemain dari Persis Solo, yaitu Ramadhan Sananta," kata Indra seperti yang dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (19/9/2023).

Indra mengaku telah mendapatkan izin dari Persis Solo, dan manajemen klub sebelumnya telah berkomitmen untuk menyetujui Sananta bergabung dengan syarat bahwa sang penyerang harus bermain terlebih dahulu dalam pertandingan melawan PSIS Semarang pada tanggal 16 September 2023. Namun, akhirnya Persis Solo tidak melepaskan pemain tersebut.

"Kami telah menyetujui dan sepakat bahwa pemain yang bersangkutan akan bergabung dengan tim di Huangzhou tanggal 18 September 2023 dini hari. Namun, sayangnya Sananta tidak diizinkan untuk berangkat. Padahal, kartu identitas sudah diterbitkan oleh panitia Asian Games. Tiket keberangkatan ke Huangzhou juga sudah disiapkan untuk semua pemain yang akan menyusul dengan penerbangan tanggal 18 September dini hari pukul 00:15 WIB," ungkapnya.

Indra juga mengungkapkan bahwa pemain-pemain yang akan menyusul ke Huangzhou adalah Alfeandra Dewangga, Ananda Rehan, M. Irianto, dan George Brown. Sementara itu, kondisi Kadek Arel masih belum memungkinkan untuk tampil dalam laga perdana melawan Kirgistan karena masih dalam masa pemulihan.

"Semua dari 22 pemain tersebut telah memiliki kartu identitas Asian Games, dan mereka tidak dapat digantikan lagi karena kami telah melakukan 9 pergantian pemain dari daftar awal yang telah kami daftarkan," jelas Indra.

Dengan catatan tersebut, saat ini tim hanya memiliki 20 pemain yang siap bermain dalam Asian Games 2023. Setelah melawan Kirgistan, pertandingan berikutnya adalah melawan China Taipei pada 21 September 2023. Terakhir, Egy Maulana Vikri dan rekan-rekannya akan berhadapan dengan Korea Utara pada 24 September 2023. Semua pertandingan akan berlangsung di Stadion Zhejiang Normal University East.

#Timnas Indonesia U-24