Muh. Taufik
Muh. Taufik

Senin, 28 November 2022 09:58

SKOR Akhir Spanyol vs Jerman Imbang 1 - 1, Posisi Jerman Masih di Ujung Tanduk

SKOR Akhir Spanyol vs Jerman Imbang 1 - 1, Posisi Jerman Masih di Ujung Tanduk

Jerman sebenarnya tampil lebih baik dibanding laga pertama mereka melawan Jepang. Namun, Spanyol juga bukan lawan yang bisa dengan mudah untuk dibobol.

BUKAMATA - Pertandingan Spanyol vs Jerman di babak penyisihan grup E, Senin (28/11/2022) berakhir imbang 1 - 1.

Hasil ini cukup mengamankan posisi Spanyol untuk lolos melaju ke babak 16 besar.

Jerman sebenarnya tampil lebih baik dibanding laga pertama mereka melawan Jepang. Namun, Spanyol juga bukan lawan yang bisa dengan mudah untuk dibobol. Selain itu, penampilan Unai Simon di bawah mistar jadi kendala tambahan bagi Jerman untuk bisa mencetak gol.

Justru, gawang Manuel Neuer yang lebih dulu dibobol oleh Alvaro Morata yang masuk menggantikan Ferran Torres pada menit 54. Hanya butuh waktu 8 menit bagi Morata untuk mengubah situasi.

Umpan matang yang dikirim Jordi Alba dilanjutkan dengan sebuah sontekan kaki kanan yang tak bisa ditepis Neuer.

Kondisi ini memaksa Jerman bermain lebih sporadis. Termasuk melakukan pergantian 3 pemain sekaligus saat laga tersisa 20 menit lagi. Pelatih Hansi Flick tak punya pilihan selain berjudi dengan menarik Ilkay Gundogan, Thilo Kehrer, dan Thomas Muller dengan Leroy Sane, Lukos Klostermann, dan Niclas Fuellkrug.

Dan, seperti halnya Morata, Fuellkrug yang masuk sebagai pengganti muncul sebagai penyelamat Jerman. Sebuah sepakan keras yang mengarah ke tiang jauh tak bisa dihentikan oleh Simon.

Bahkan, Der Panzer masih mampu mencetak beberapa peluang sebelum wasit meniup peluit panjang. Namun, semua peluang itu tak mampu dikoversi menjadi gol.

Hasil imbang ini jelas tidak menguntungkan Jerman, meski sedikit memberi napas bagi mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Saat ini, Jerman masih terpuruk di dasar klasemen Grup E dengan koleksi 1 poin. Sementara 3 tim di atasnya minimal sudah meraih 3 poin. Khusus Spanyol, tetap berada di puncak klasemen dengan 4 poin.

Pada laga terakhir fase grup nanti, Jerman akan menghadapi Ekuador yang sebelumnya mengalahkan Jepang 1-0. Meskipun mampu menang saat melawan Ekuador, nasib Jerman ikut ditentukan oleh laga antara Spanyol kontra Jepang.

Andai Spanyol versus Jepang berakhir imbang, dapat dipastikan Jerman harus segera mengepak koper untuk meninggalkan Qatar.

Spanyol 1-1 Jerman
(Morata 62' - Fuellkrug 83')

Spanyol: Unai Simon; Dani Carvajal, Rodri, Aymeric Laporte, Jordi Alba (Alejandro Balde 82'); Pedri, Sergio Busquets, Gavi (Niko Williams 66'); Marco Asensio (Koke 66'), Dani Olmo, Ferran Torres (Alvaro Morata 54')

Jerman: Manuel Neuer; Thilo Kehrer (Lukas Klostermann 67'), Niklas Sule, Antonio Rudiger, David Raum (Nico Schlotterbeck 87'); Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan (Leroy Sane 67'); Serge Gnabry (Jonas Hofmann 85'), Leon Goretzka, Jamal Musiala; Thomas Muller (Niclas Fuellkrug 67').

#Piala dunia qatar