Wiwi
Wiwi

Minggu, 06 November 2022 06:33

Berbagai Macam Olahan Telur, Cocok Dijadikan Sarapan

Berbagai Macam Olahan Telur, Cocok Dijadikan Sarapan

Telur mengandung berbagai zat gizi untuk tubuh seperti zat besi, vitamin, dan mineral. Telur juga mengandung karotenoid yang dapat menangkal penyakit, termasuk lutein dan zeaxanthin, yang dapat menurunkan risiko degenerasi makula penyebab utama kebutaan pada orang tua.

BUKAMATATelur merupakan salah satu bahan makan yang kaya akan protein dan baik untuk tubuh. Mengonsumsi telur untuk sarapan di pagi hari memiliki banyak kelebihan, selain caranya simpel, memasak telur juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Menurut suatu studi makan telur dapat membantu orang menurunkan berat badan karena hanya mengandung 75 kalori tetapi masing-masing 7 gram protein, dapat menekan rasa lapar dan membuat lebih kenyang.

Telur mengandung berbagai zat gizi untuk tubuh seperti zat besi, vitamin, dan mineral. Telur juga mengandung karotenoid yang dapat menangkal penyakit, termasuk lutein dan zeaxanthin, yang dapat menurunkan risiko degenerasi makula penyebab utama kebutaan pada orang tua.

Manfaat telur yang beragam, membuat jenis bahan ini cocok untuk menjadi menu sarapan.

Dikutip Bukamata dari builtlean.com, berikut cara memasak telur yang mudah dan simpel :

1. Telur orak - arik dengan campuran keju

Cara memasak telur yang paling mudah adalah dengan menggorengnya secara orak - arik. Beberapa orang menambahkan keju pada telur mereka guna membuat rasa telur menjadi lebih gurih dan tekstur telur menjadi lebih berkembang.

Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat menu ini adalah minyak goreng, bawang Bombay cincang, 4 butir telur, tomat cincang, keju dan merica secukupnya. Semua bahan di tumis, bila aroma sudah wangi maka telur dapat dimasukkan ke dalam penggorengan lalu di orak- arik.

2. Telur rebus

Olahan Telur yang tak kalah simpel adalah dengan merebusnya. Telur rebus memiliki manfaat yakni kadar lemak yang rendah. Untuk membuat telur rebus yang perlu Anda siapkan adalah 2 butir telur, 2 sendok makan cuka beras, dan merica.

Langkah membuatnya sederhana yakni diawali dengan merebus air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan telur yang sudah dibersihkan cangkangnya, setelah itu masukkan 2 sendok makan cuka beras dan merica, baru setelahnya telur yang sudah matang dapat dikonsumsi.

3. Telur dadar

Cara membuat Telur dadar atau omelet sangat mudah. Telur dadar juga dapat dipadu padankan dengan bahan lain seperti salmon, jamur, alpukat, kangkung, paprika maupun keju.

4. Telur panggang

Alternatif lain untuk memasak telur adalah dengan memanggangnya. Cukup pecahkan satu atau dua telur ke dalam loyang yang dilapisi dengan semprotan antilengket, dan taburkan sedikit merica atau bumbu lainnya di atasnya.

Kemudian, tuangkan satu sendok makan air atau susu ke atas telur dan panggang sampai putih telur benar-benar matang (sekitar 12 menit).

5. Sunny Side Up Egg

Meskipun ini adalah salah satu cara memasak telur yang paling populer, memasak telur Sunny Side Up bisa jadi sulit karena kuning telur mudah mengalir terlalu banyak. Pastikan wajan antilengket Anda tahan panas. Kemudian, pecahkan telur dengan hati-hati dan merata ke dalam wajan dan masukkan ke dalam oven selama sekitar empat menit.

 

Selamat Mencoba!

#Telur #Tips #Kesehatan