Hikmah
Hikmah

Kamis, 22 September 2022 10:16

Ketua Aptisi Prof Budi Djatmiko
Ketua Aptisi Prof Budi Djatmiko

Aptisi ke Menteri Nadiem : Mosi Tidak Percaya Hingga Desakan untuk Mundur

Alasan lain kata dia, ada harapan pendidikan Indonesia maju dipimpin oleh Nadiem namun ternyata sebaliknya.

BUKAMATA - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi X DPR RI, Selasa (20/9/2022).

Dalam RDP tersebut Ketua Aptisi Prof Budi Djatmitko mewakili seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia secara resmi melayangkan mosi tidak percaya terhadap Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Alasannya, kata Prof Budi adalah Menteri Nadiem sangat tertutup dan cenderung tidak acuh terhadap permasalahan yang dihadapi PTS di saat sekarang. 

Budi secara gamblang menyebut Menteri Nadiem tidak terbuka dan sulit diajak berdialog. Selama hampir 4 tahun, kata dia undangan APTISI tidak pernah dihadiri dan hanya beberapa kali saja APTISI diajak rapat koordinasi.

"Berbeda dengan menteri-menteri sebelumnya yang rutin mengadakan rapat untuk membicarakan permasalahan perguruan tinggi di Indonesia, " Jelas Prof Budi. 

Budi melanjutkan, Nadiem dinilai jauh lebih percaya pada staf khusus daripada misalnya para Dirjennya atau para pimpinan perguruan tinggi.

Alasan lain kata dia, ada harapan pendidikan Indonesia maju dipimpin oleh Nadiem namun ternyata sebaliknya.

"Sungguh kami kecewa, kami berharap akan terjadi out of the box karena Nadiem bukan dari kalangan perguruan tinggi. Kami ingin dengan kesuksesan Gojek, dia mampu mempercepat proses yang ada dalam proses pendidikan di Indonesia tapi harapan itu lenyap," urai Budi.

Usai menggelar RDP dengan Komisi X DPR RI, Aptisi tetap bakal melanjutkan rencana demonstrasi yang akan digelar 27 September mendatang. Bahkan kata Budi, jika Menteri Nadiem tetap tidak ingin diajak berdialog oleh Aptisi mengenai beberapa hal tuntutan aksi demonstrasi mendatang. Maka Aptisi akan mendesak Menteri Nadiem untuk mundur dari jabatannya.

"Kami sudah nyatakan kalau tetap tidak mau dialog dengan Aptisi tentang beberapa hal tuntutan kami, maka sebaiknya mundur saja, " tegasnya. 

#Aptisi #Nadiem Makarim