Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Selasa, 20 September 2022 18:45

Kombes Budhi Haryanto
Kombes Budhi Haryanto

Kombes Budhi Akui Telah Dimintai Klarifikasi Terkait Polemik Batalyon 120

Itsus Mabes Polri memastikan kedatangannya ke Makassar untuk mendalami pencopotan Iptu Faizal dari jabatan Kanit Reskrim Polsek Tallo usai penggerebekan sekretariat Batalyon 120.

MAKASSAR, BUKAMATA - Kapolrestabes Makassar, Kombes Budhi Haryanto, mengakui dirinya telah dimintai klarifikasi oleh Itsus Polri terkait polemik Batalyon 120 berujung pencopotan Iptu Faizal dari jabatan Kanit Reskrim Polsek Tallo.

"Jadi hanya mengklarifikasi apa yang terjadi," kata Budhi, Selasa, 20 September 2022.

Kendati demikian, perwira polisi berpangkat tiga melati ini mengaku tidak tahu dengan hasil klarifikasi Itsus terhadap dirinya. "Nggak tahu (hasilnya). Yang jelas udah klarifikasi," ujar Budhi.

"Apa hasilnya, ya sana. Jangan tanya sama saya," sambungnya.

Diketahui, Itsus Mabes Polri memastikan kedatangannya ke Makassar untuk mendalami pencopotan Iptu Faizal dari jabatan Kanit Reskrim Polsek Tallo usai penggerebekan sekretariat Batalyon 120.

"Jadi bukan terkait itu (Batalyon 120) ya, tapi terkait masalah pemberhentian Iptu Faizal itu. Terkait diurus lagi pemindahan Iptu Faizal, bukan Batalyon," kata Kapolda Sulsel, Irjen Nana Sudjana kepada wartawan.

Saat ini, Itsus Mabes Polri masih bekerja mendalami kasus ini. Termasuk siapa-siapa saja yang diperiksa Itsus dan saat ini mereka masih bekerja.

"Nanti kita lihat ya, siapa yang dimintai keterangan oleh Itsus, karna mereka masih bekerja," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Komang Suartana.

Itsus Mabes Polri sebelumnya telah tiba di Makassar, Rabu, 14 September 2022 lalu. Maksud dan tujuan kedatangannya itu terkait penggerebekan Batalyon 120 juga terkait dengan pencopotan Iptu Faizal dari jabatan Kanit Reskrim Polsek Tallo.

"Benar, (tim Itsus) sudah di Makassar mau cek pemberitaan soal itu (penggerebekan Batalyon 120 dan pencopotan Iptu Faizal)," kata Komang Suartana dikonfirmasi wartawan.

Lebih jauh, Komang mengaku tidak tahu ada atau tidaknya tujuan lain Itsus datang ke Makassar, selain kasus Batalyon 120. Komang akan mengeceknya lagi ke depan.

"Dalam rangka investigasi pemberitaan itu saja (Batalayon 120 dan Iptu Faizal) yang saya tahu. Nanti saya cek lagi," terangnya. (*)

Penulis : Abdul Mugni
#Kombes Budhi Haryanto #Polrestabes Makassar #Itsus Mabes Polri #Batalyon 120

Berita Populer