Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Senin, 22 Agustus 2022 22:03

Ist
Ist

Kemenkumham Sulsel Ikuti Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan Pemenuhan Hak Bersyarat Narapidana

Disahkannya regulasi tentang Pemasyarakatan ini, diharapkan proses pemasyarakatan dapat dilaksanakan secara optimal. Hal tersebut menjadi tantangan untuk dapat mengimpelentasikan UU Nomor 22 tahun 2022, guna mewujudkan pemasyarakatan yang mulia.

MAKASSAR, BUKAMATA - Kanwil Kemenkumham Sulsel mengikuti Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan Pemenuhan Hak Bersyarat Terhadap Narapidana Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, di Aula Kanwil, Senin, 22 Agustus 2022. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham secara daring.

Sekretaris Ditjenpas, Heni Yuwono, menyampaikan, disahkannya regulasi tentang Pemasyarakatan ini, diharapkan proses pemasyarakatan dapat dilaksanakan secara optimal. Hal tersebut menjadi tantangan untuk dapat mengimpelentasikan UU Nomor 22 tahun 2022, guna mewujudkan pemasyarakatan yang mulia.

Hal itu, sambung dia, memberikan jaminan perlindungan terhadap hak tahanan dan anak, meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian warga binaan agar menyadari kesalahannya, memperbaiki diri. Kemudian, tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali di lingkungan masyarakat, dapat hidup secara wajar sebagai warga negara yang baik, taat hukum, bertanggung jawab, dan dapat aktif berperan serta dalam pembangunan, dan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengulangan tindak pidana.

Heni berharap, para kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan jajarannya agar dapat mensosialisaikan dengan baik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan masyarakat tentang Undang-Undang tersebut agar tidak ada perbedaan persepsi dan dapat berjalan dengan baik.

"Tentunya peran jajaran di Kanwil dan UPT sangat vital. Saya minta agar aktif dan proaktif untuk memontior dan melakukan sosialisasi secara masif di jajarannya masing-masing," tukasnya.

Di kesempatan ini pula, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak, mengajak seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis untuk dapat melakukan sosialisasi secepatnya di lingkungan masing – masing.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Divisi Keimigrasian Jaya Saputra, Kepala Divisi Pemasyarakatan Suprapto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, dan seluruh Kepala UPT se-Sulsel. (*)

#Kemenkumham sulsel #Liberti Sitinjak