Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Jumat, 19 Agustus 2022 17:32

Ist
Ist

Susul Suami, Isteri Ferdy Sambo Resmi Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir Joshua

Penetapan tersangka terhadap Putri berdasarkan dua alat bukti yakni pemeriksaan saksi dan rekaman CCTV.

JAKARTA, BUKAMATA - Tim khusus Polri akhirnya menetapkan Putri Chandrawati, isteri Ferdy Sambo, sebagai tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Jumat, 19 Agustus 2022. Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, mengatakan, penetapan tersangka terhadap Putri setelah penyidik melakukan pemeriksaan mendalam hingga gelar perkara yang dilakukan.

"Polri telah menetapkan Saudari PC sebagai tersangka" kata Komjen Pol Agung Budi Maryoto kepada wartawan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Ia mengungkapkan, penyidik telah melakukan pemeriksaan mendalam dengan scientific crime investigation, berdasarkan alat bukti yang ada dan gelar perkara.

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi, mengatakan, penetapan tersangka terhadap Putri berdasarkan dua alat bukti yakni pemeriksaan saksi dan rekaman CCTV.

"Inilah yang menjadi bagian daripada barang bukti tidak langsung yang menjadi petunjuk bahwa PC ada di lokasi sejak di Saguling (rumah pribadi) sampai dengan di Duren Tiga (rumah dinas)," ujar Andi Rian.

Meski demikian, Andi Rian tidak merinci secara pasti keterlibatan Putri sehingga berujung ditetapkannya sebagai tersangka dalam kasus ini.

Dia hanya menegaskan, Putri melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi bagian dari perencanaan pembunuhan Brigadir J.

Dalam perkara ini, Putri dijerat dengan Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana Subsider Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Dia terancam hukuman mati atau pidana penjara paling lama 20 tahun.

Menanggapi hal tersebut, pengacara Putri, Arman Hanis, mengungkapkan, penetapan status tersangka terhadap kliennya itu merupakan pertimbangan dari penyidik.

"Penyidik tentu memiliki pertimbangan tersendiri dalam menetapkan klien kami Ibu PC  sebagai tersangka," kata Arman.

Arman berharap berkas perkara atas kasus yang menjerat kliennya itu bisa segera dilimpahkan ke pengadilan.

"Kami berharap seluruh proses dapat segera dilimpahkan ke pengadilan agar segala konstruksi kasus ini dapat diuji dalam proses persidangan," jelasnya. (*)

 

#Irjen Ferdy Sambo #Putri chandrawati #Brigadir Joshua