Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Senin, 15 Agustus 2022 18:01

Surya Darmadi alias Apeng, saat tiba di Kejaksaan Agung, Senin, 15 Agustus 2022. (Foto: Int)
Surya Darmadi alias Apeng, saat tiba di Kejaksaan Agung, Senin, 15 Agustus 2022. (Foto: Int)

Buron Setelah Rugikan Negara Rp 78 Triliun, Apeng Akhirnya Menyerahkan Diri

Surya Darmadi alias Apeng, merupakan orang terkaya ke 28 di Indonesia, menurut Majalah Forbes. Nilai kekayaannya ditaksir mencapai Rp 20,73 triliun.

JAKARTA, BUKAMATA - Bos Duta Palma Group, Surya Darmadi alias Apeng, akhirnya kembali ke Indonesia, dan menyerahkan diri ke Kejaksaan Agung (Kejagung), Senin, 15 Agustus 2022. Sebelumnya, Apeng telah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buron, setelah diduga merugikan negara hingga Rp 78 triliun.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan, KPK tetap mendukung proses penegakan hukum yang dilakukan oleh Kejagung terhadap Surya Darmadi.

"KPK mendukung penuh upaya penyidikan yang sedang dilakukan Kejagung terkait dengan penerapan pasal-pasal yang kerugian keuangan negara sebagaimana Pasal 2 dan Pasal 3 UU Tipikor," kata Ali Fikri.

Diterangkan Ali Fikri, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kejagung ihwal penanganan perkara yang menjerat Surya Darmadi. Sebab, Surya Darmadi terjerat dalam dua perkara yang berbeda di Kejagung dan KPK.

"KPK sudah menemui pihak Kejagung secara intens untuk mendiskusikan lebih lanjut terkait penanganan perkara dimaksud. KPK juga telah menyampaikan beberapa duplikat dokumen barang bukti terkait perkara tersebut pada Kejaksaan Agung," terangnya.

Sebelumnya, KPK tetap ingin menghadirkan Surya Darmadi ke persidangan. Hal itu berbeda dengan Kejagung yang justru berencana menggelar persidangan in absentia atau tanpa kehadiran Surya Darmadi.

"Adapun perkara yang ditangani KPK yaitu dugaan suap terkait alih fungsi hutan di Provinsi Riau, tentu juga akan diselesaikan penyidikannya dan kami pastikan tersangka akan diproses sampai ke persidangan," pungkasnya.

Tentang Apeng

Surya Darmadi alias Apeng, merupakan orang terkaya ke 28 di Indonesia, menurut Majalah Forbes. Nilai kekayaannya ditaksir mencapai Rp 20,73 triliun.

Apeng merupakan pemilik PT Darmex Group (afiliasi Duta Palma Group), korporasi terbesar bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit. Ia mendirikan pabrik dan penyulingan dengan perkebunan di kawasan Riau dan Kalimantan. Tak tanggung-tanggung, ia memiliki delapan pabrik yang tersebar di Pekanbaru, Jambi, dan Kalimantan.

Kasus yang melibatkan Apeng dimulai sejak 2014 lalu. Ia diduga menyuap Annas Maamun, Gubernur Riau saat itu, untuk mengubah lokasi perkebunan milik PT Duta Palma menjadi bukan kawasan hutan.

Perusahaan ini menggunakan lahan seluas 37.095 hektar tanpa hak karena tidak memiliki dokumen resmi dari negara. Proses perijinan yang diajukan PT Duta Palma Group baru berjalan sebagian, tetapi perusahaan sudah memanfaatkan lahan tersebut menjadi perkebunan kelapa sawit.

Apeng kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait ‎pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau Tahun 2014. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama-sama dengan Legal Manager PT Duta Palma Group, Suheri Terta. (*)

 

#Surya Darmadi #Korupsi #Menyerahkan Diri #KPK #Kejagung

Berita Populer