Hikmah
Hikmah

Jumat, 15 Juli 2022 13:19

Umat Hindu Lutra Gelar Ngaben Massal, Bupati Indah Tunjukkan Dukungan

Umat Hindu Lutra Gelar Ngaben Massal, Bupati Indah Tunjukkan Dukungan

Kegiatan ngaben massal ke V ini merupakan kegiatan 5 tahunan sekali.

LUTRA, BUKAMATA - Masyarakat Luwu Utara khususnys yang beragama Hindu Dharma menggelar Upacara Pitra Yadnya Ngaben Massal V. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Mekar Jaya Tondok Kecamatan Mappedeceng, Kamis (14/7/2022). 

Kegiatan ngaben massal ke V ini merupakan kegiatan 5 tahunan sekali. Dan tahun ini dilaksanakan dalam masa pandemi covid-19 namun tidak mengurangi khidmat upacara. 

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pemerintah selalu mensupport, dan memberikan dukungan kepada setiap umat di kabupaten Luwu Utara. Agar umat dapat menyelengarakan kegiatan keaagaaman dalam kondisi yang aman, nyaman dan kita harapkan tetap sehat. 

"Alhamdulillah setelah 2 tahun pandemi covid-19, sudah sedikit longgar apalagi kalau yang sudah booster boleh tidak menggunakan masker," katanya. 

Indah mengatakan persiapan ngaben massal ini cukup panjang, tapi kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu karena bagi anak jenazah atau abu dari orang tuanya hal ini adalah bentuk bakti kepada orang tua. 

"Karena dalam keyakinan Umat hindu dharma, ngaben ini adalah bagian dari upaya mengembalikan arwah pada tempatnya dan ini menjadi tanggung jawab bagi keluarga yang ditinggalkan, " katanya

 

 

#Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani #Ngaben massal lutra

Berita Populer