Hikmah
Hikmah

Sabtu, 07 Mei 2022 13:35

Ini Jadwal Arus Balik Mudik Ke Makassar Berdasarkan Ganjil Genap Plat Kendaraan

Ini Jadwal Arus Balik Mudik Ke Makassar Berdasarkan Ganjil Genap Plat Kendaraan

Bila bernomor akhir genap disarankan untuk kembali mudik pada tanggal 6 atau 8 Mei, sedangkan yang bernomer akhir ganjil disarankan kembali pada tanggal 5 atau 7 Mei 2022

MAKASSAR, BUKAMATA- Bagi pengendara yang mudik menggunakan kendaraan pribadi dan berencana untuk kembali ke Makassar sebaiknya memperhatikan jadwal penerapan rekayasa lalu lintas ganjil genap di Makassar. 

Rekayasa lalu lintas ganjil genap pelat nomor kendaraan diterapkan di masa puncak arus balik ke Makassar, Sulawesi Selatan, mulai Kamis (5/5) hingga Minggu (8/5).

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda meminta warga tak masuk ke Kota Makassar secara bersamaan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang dapat menyebabkan kemacetan panjang.

"Disarankan pemudik yang kembali dari arah Gowa dan Maros untuk memperhatikan nomor pelat kendaraannya," lanjut dia.

Soal sanksinya, Zulanda hanya menyebut kepolisian menyarankan pengendara untuk kembali sesuai waktu yang ditetapkan sesuai pelat nomornya.

"Bila bernomor akhir genap disarankan untuk kembali mudik pada tanggal 6 atau 8 Mei, sedangkan yang bernomer akhir ganjil disarankan kembali pada tanggal 5 atau 7 Mei 2022," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas di bundaran perlimaan Bandara Sultan Hasanuddin. Jalur yang mengarah ke Kabupaten Maros akan ditutup sementara.

"Sehingga akses pemutaran hanya dapat dilakukan persis di depan pospam perlimaan bandara dengan membuat alur putaran balik dengan menggunakan water barrier untuk kendaraan yang memutar ke arah Maros," ujar Zulanda.

"Kita juga akan menambah personel untuk pengaturan secara manual dengan menonaktifkan TL (lampu pengatur lalin) sehingga dapat memberikan penarikan arus lebih besar pada sisi masuk Kota Makassar," sambungnya.

#Rekayasa lalu lintas #arus balik mudik