Redaksi
Redaksi

Jumat, 21 Januari 2022 07:14

Danny aktif sebagai arsitek dari 1989 hingga April 2014. Setidaknya ada 650 karya yang telah dihasilkan selama aktif menjadi seorang arsitek
Danny aktif sebagai arsitek dari 1989 hingga April 2014. Setidaknya ada 650 karya yang telah dihasilkan selama aktif menjadi seorang arsitek

Berlatar Arsitek, Danny Pomanto dan 3 Kepala Daerah Berpeluang Pimpin IKN Nusantara

Presiden Jokowi sempat mengatakan bahwa ingin Ibu Kota dipimpin oleh seorang arsitek yang memiliki pengalaman menjadi seorang pemimpin daerah. Sosok tersebut harus juga memiliki kualifikasi yang mumpuni sebagai pemimpin.

JAKARTA, BUKAMATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin kepala daerah berlatar belakang arsitek memimpin Ibu Kota Negara, Nusantara, di Kalimantan Timur.

Dalam sebuah kesempatan Presiden Jokowi sempat mengatakan bahwa ingin Ibu Kota dipimpin oleh seorang arsitek yang memiliki pengalaman menjadi seorang pemimpin daerah. Sosok tersebut harus juga memiliki kualifikasi yang mumpuni sebagai pemimpin.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong, menyebut memang idealnya adalah seseorang yang memiliki latar belakang membangun sebuah kota. Itu akan menjadi poin tambahan untuk menjadi Kepala otorita IKN baru.

"Tentu yang paling ideal adalah yang memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang kepemimpinan membangun sebuah kota dengan segala kompleksitasnya itu jadi poin plus. Pertimbangan presiden bisa dari mana saja termasuk dari apa yang berkembang di ruang publik," kata Wandy yang dikutip Kamis 20 Januari 2022.

Berikut daftar Arsitek yang juga memiliki pengalaman memimpin sebuah daerah:

1. Danny Pomanto

Danny saat ini menjabat sebagai Walikota Makassar periode 2021-2026. Danny adalah seorang arsitek dan mantan dosen jurusan arsitektur di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Danny aktif sebagai arsitek dari 1989 hingga April 2014. Setidaknya ada 650 karya yang telah dihasilkan selama aktif menjadi seorang arsitek, salah satunya yakni Masjid Raya Makassar, Kantor Gubernur Gorontalo dan Sulawesi Barat, hingga rumah sakit Private Care Hospital di Makassar.

2. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat ini sebelumnya pernah bekerja sebagai dosen arsitektur di Institut Teknologi Bandung. Banyak karya yang sudah dibuat Ridwan Kamil baik di dalam maupun di luar negeri.

Lulusan Universitas California Berkeley ini telah membuat sejumlah bangunan yang menjadi icon diantaranya Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh, Sekolah anti gempa di Pangalengan Bandung dan Ridwan Kamil juga mendesain kawasan elit di Kuningan Jakarta.

3. Tri Rismaharini

Menteri Sosial yang juga mantan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini merupakan jebolan sarjana di jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan lulus pada tahun 1987. Risma melanjutkan pendidikan pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, lulus pada tahun 2002.[

Pada 4 Maret 2015, ia mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).[14] Gelar kehormatan tersebut diberikan dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Risma pernah meraih enghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa atas dedikasinya menata Taman Bungkul sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013.

Pada Februari 2015, Tri Rismaharini dinobatkan sebagai wali kota terbaik ketiga di dunia versi World City Mayors Foundation atas keberhasilannya dalam mengubah wajah Kota Surabaya dari yang kumuh penataannya menjadi kota yang lebih hijau dan tertata rapi.

4.Nova Iriansyah

Nova saat ini menjabat sebagai Gubernur Provisi Aceh. Nova merupakan kepala daerah yang pernah menempuh pendidikan di Jurusan Teknik Arsitektur ITS Surabaya (1982–1988).

Setelah itu, dia melanjutkan Magister Teknik Arsitektur di ITB Bandung tahun 1995–1999. Selain seorang Pemimpin daerah, Nova pernah pernah mengajar di Jurusan Teknik Arsitektur- Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh.

Setelah selesai mengajar, Nova kemudian masuk ke Politik dan terpilih sebagai anggota DPR pada tahun 2009. Usai lima tahun di Senayan, Nova pulang kampung dan mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur.

 

#Danny Pomanto #Wali kota Makassar #IKN #Ibu Kota Negara Nusantara