Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Sabtu, 04 Desember 2021 18:08

Cara Menyalakan Mobil Matic yang Benar

Cara Menyalakan Mobil Matic yang Benar

Ada orang yang beranggapan bahwa belajar naik mobil akan langsung menyenangkan jika menggunakan matic.

BUKAMATA - Mobil dengan jenis matic ini semakin banyak diminati oleh masyarakat yang tinggal di wilayah kota besar.

Hal ini karena mobil matic tidak akan membuat penggunanya merasa pegal saat dalam kondisi macet. Belum lagi pengoperasiannya yang terbilang mudah dibandingkan dengan mobil manual. Wajar jika banyak yang mengincar mobil jenis tersebut.

Cara Menyalakan Mobil Matic yang Mudah Bagi Pemula

Ada orang yang beranggapan bahwa belajar naik mobil akan langsung menyenangkan jika menggunakan matic. Namun, ada juga yang beranggapan jika ingin belajar mobil, ada baiknya menggunakan mobil manual terlebih dahulu.

Lalu, Anda ada tim yang mana? Jika Anda ingin belajar mobil menggunakan mobil matic, berikut beberapa cara mudahnya.

1. Memastikan Tuas Dalam Posisi Parkir

Salah satu cara mudah untuk menyalakan mobil matic adalah dengan memastikan tuas berada di posisi P atau parkir. Fungsinya adalah sebagai unsur safety dan memastikan mobil tidak akan bergerak atau melompat. Namun, ada juga kasus di mana posisi tuas berada di posisi N. 

Hal ini tidak masalah, asalkan posisi tuas tidak berada di posisi R atau Reverse. Karena posisi R berati mundur. Sementara mobil matic hanya bisa dihidupkan jika posisi tuas berada dalam kondisi P atau N. 

2. Hindari Langsung Menghidupkan Mesin

Langkah kedua yang harus Anda perhatikan adalah jangan langsung menghidupkan mesin. Ada baiknya untuk memastikan dan menunggu sampai jarum berputar dan bagian indikatornya sudah aktif atau menyala. Dalam beberapa kasus jenis mobil matic, biasanya indikator yang menyala dan listrik yang sudah hidup dalam mobil akan terdengar suara. 

3. Menginjak Pedal Rem Saat Melakukan Starter

Cara menjalankan mobil jenis matic dengan benar adalah dengan menginjak pedal rem saat melakukan starter. Hal ini karena beberapa jenis mobil matic tidak akan berada di posisi hidup jika pengguna tidak menginjak pedal rem. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan starter sembari menginjak rem pada mobil.

Kegiatan tersebut bisa dibilang memberikan keamanan tambahan agar tidak terjadi engine stall. Meski beberapa mobil tidak membutuhkan cara ini, akan tetapi hampir seluruh mobil matic wajib mengunjak pedal rem.

4. Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

Ada lagi cara lainnya yang harus dilakukan dan diperhatikan yakni memindahkan tuas yang awalnya di posisi P atau N menjadi ke posisi R atau D. Saat melakukan hal tersebut, pastikan pedal bagian rem ditekan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya risiko kerusakan pada bagian mesin mobil.

5. Memahami Fungsi Tuas Transmisi

Tahukah Anda jika tuas transmisi menjadi komponen yang sangat penting dalam mobil? Hal ini karena pada umumnya, mobil matic mempunyai pengaturan transmisi, seperti P, D, R, N, dan M. Ada baiknya, pengemudi mengetahui masing-masing tuas agar tidak melakukan kesalahan saat memindahkan gigi.

#Mobil #Mobil Matic