Redaksi
Redaksi

Sabtu, 20 November 2021 08:06

Erick Mubarak Aziz
Erick Mubarak Aziz

Smartphone Jadul dan Kamera Lawas di Tangan Musisi Makassar

Smartphone jadul dan kamera lawas, mungkin terbatas bagi kita. Tapi tidak bagi musisi Makassar ini.

MAKASSAR, BUKAMATA - Smartphone dan kamera digital, terus mengalami perkembangan di setiap waktu. Para pengguna pun berlomba untuk selalu memperbaharui gadget mereka.

Namun tidak bagi sekelompok musisi bertalenta asal Kota Makassar ini. Dimotori Erick Mubarak Aziz bersama Cliff, mereka membuat rekaman arransemen musik, video klip dan editing video dengan perangkat yang tergolong terbatas, baik segi umur juga fasilitas menu teknologinya.

Namun, mereka mampu membuktikan istilah "The Man Behind The Gun". Bahwa senjata itu tergantung dari siapa yang memegangnya. Sehebat apapun sebuah senjata, namun jika SDM-nya yang terbatas, tetap saja dia adalah senjata yang tidak berfungsi maksimal.

Bermodal Smartphone lawas buatan 2017 dan kamera DSLR level kelas pemula buatan tahun 2010, disertai laptop jadul buatan 2009, untuk era sekarang ini rasa-rasanya sulit membuat konten yang bisa bersaing dengan berjuta-juta video di dunia maya. Namun bagi Erick dan Cliff, ini bukanlah penghalang. Selain mereka memiliki kemampuan musikalitas yang cukup handal, dimana mereka cukup lama malang melintang dalam dunia musik, mereka juga mampu mengkolaborasikan talenta-talenta muda maupun yang sudah senior dalam beberapa video klip musik di kanal Youtube, yang dinamai "Ngulik N Ngejam".

"Alat jadul tak boleh jadi penghalang untuk berkreasi. Kita harus tetap eksis berkarya, tanpa harus banyak alasan keterbatasan alat-alat baru, yang tak bisa kita miliki karena keterbatasan finansial," ungkap Erick.

"Peralatan musik kami pun adalah koleksi alat lama yang kami coba maksimalkan melalui potensi bermusik kami," ungkap Cliff.

Beberapa video mereka cukup diminati oleh ribuan penonton di Youtube. Erick bilang, eksistensi mereka dengan segala keterbatasan, setidaknya mampu menginspirasi anak-anak muda millenial sekarang ini, agar tetap bisa berkarya, meski dengan berbagai keterbatasan alat penunjang.

#Teknologi #musik