Wiwi
Wiwi

Kamis, 18 November 2021 07:51

ART Nirina Zubir Bawa Lari 6 Surat Tanah, Kini Hidup Mewah dan Rintis Bisnis Frozen Food

ART Nirina Zubir Bawa Lari 6 Surat Tanah, Kini Hidup Mewah dan Rintis Bisnis Frozen Food

"Jadi awal mulanya ibu saya mengira surat-surat tanahnya itu hilang," kata Nirina Zubir, yang dikutip BUKAMATA dari kanal YouTube NIT NOT, Kamis, (18/11/2021).

BUKAMATA – Aktris Nirina Zubir mengungkapkan  almarhumah ibunya menjadi korban mafia tanah yang dilakukan oleh asisten rumah tangga (ART) bernama Riri Khasmita.

Nirina Zubir menjelaskan bahwa awalnya almarhumah ibunya mengira 6 surat tanah miliknya atas nama dirinya, kedua kakaknya, dan sang ibu hilang.

Ibu Nirina Zubir lantas meminta ART, Riri Khasmita yang sudah dipercaya untuk mengurus surat tanah yang hilang tersebut.

Nirina Zubir mengungkap bahwa Riri Khasmita adalah ART yang merawat ibunya dan telah bekerja dari tahun 2009.

"Jadi awal mulanya ibu saya mengira surat-surat tanahnya itu hilang," kata Nirina Zubir, yang dikutip BUKAMATA dari kanal YouTube NIT NOT, Kamis, (18/11/2021).

"Sehingga dia minta tolong sama ART-nya yang sudah kerja sama dari tahun 2009 untuk dibantu mengurus suratnya," sambungnya.

Menurut Nirina Zubir, bukannya membatu mengurus surat tanah tersebut, Riri Khasmita justru diam-diam mengubah kepemilikan surat tanah tersebut menjadi nama pribadi dan suaminya, Edrianto.

"Nah, alih-alih diurus ternyata dia diam-diam menukar semua surat-surat tanah yang diminta tolong untuk diuruskan itu dengan nama pribadi, Riri Khasmita bersama suaminya, Edrianto," tutur Nirina Zubir.

Nirina Zubir mengatakan bahwa surat tanah milik ibunya tersebut sebagian sudah dijual oleh Riri Khasmita dan sebagian lagi diagunkan ke bank.

"Jadi keenam surat tanah itu diam-diam ditukar jadi nama mereka. Terus sebagain diagunkan ke bank, sebagian lagi dia jual," ujar Nirina Zubir.

Menurut Nirina Zubir, hasil penjualan dari surat tanah milik ibunya itu digunakan Riri Khasmita untuk modal usaha frozen food, yang kini sudah memiliki lebih dari 5 cabang.

"Dugaan kami, uang-uang itu dipakai untuk modal bisnis yang dia miliki sekarang, bisnis ayam frozen yang cabangnya sudah melebihi dari 5 cabang," kata Nirina Zubir.

Kakak Nirina Zubir, Fadhlan Karim lantas menambahkan bahwa menurut penyelidikan polisi, surat tanah milik ibunya bukan hilang, melainkan diambil dan dibalik nama oleh Riri Khasmita dengan bantuan notaris.

"Awalnya memang ibu kami mengira hilang, ternyata setelah diselidiki oleh polisi, itu bukan hilang, itu diambil sama ART dan dia sudah mengakui itu," kata Fadhlan Karim.

Diketahui, ada 5 tersangka dalam kasus mafia tanah yang menimpa keluarga Nirina Zubir, yakni Riri Khasmita, Edrianto, dan 3 orang notaris PPAT (Pejabat Pembuka Akta Tanah), Farida, Ina Rosaina, dan Erwin Ribuan.

Atas perbuatannya terhadap keluarga Nirina Zubir, kelima tersangka kasus mafia tanah tersebut dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 378, 372, dan 263 KUHP tentang penipuan dan pemalsuan dokumen.

#nirina zubir #mafia tanah