Wiwi
Wiwi

Sabtu, 23 Oktober 2021 12:25

Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hore! Tempat Wisata di Jakarta Sudah Dibuka untuk Anak di Bawah 12 Tahun

“Anak dengan usia di bawah 12 tahun diperbolehkan memasuki tempat wisata yang sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan syarat didampingi orang tua,"kata Anies dalam salinan Kepgub 1245/2021.

BUKAMATA – Ibu Kota Jakarta kini berstatus level 2 dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Sebelumnya, PPKM di DKI Jakarta berstatus level 3.

Dengan turunnya level penerapan PPKM ini, sejumlah tempat wisata dan fasilitas umum lainnya, sudah dibuka dengan kapasitas pengunjung maksimal 25 persen.

Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 1245 Tahun 2021 tentang PPKM Level 2. Seperti diketahui, tempat wisata dan taman sebelumnya tidak diizinkan dibuka pada masa PPKM level 3 yang berlaku 5-18 Oktober 2021, lalu.

Kini dengan diberlakukannya PPKM level 2, fasilitas publik diizinkan dibuka tetapi tetap dengan syarat penerapan protokol kesehatan.

"Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan area publik lainnya): Diizinkan buka dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat,"tulis Kepgub Nomor 1245 Tahun 2021, dikutip Bukamata Rabu (20/10/2021).

Selain itu, tempat wisata yang sebelumnya tak dibuka untuk anak usia di bawah 12 tahun, kini sudah diperbolehkan.

Hanya saja,  anak usia di bawah 12 tahun harus didampingi oleh orang tua.

“Anak dengan usia di bawah 12 tahun diperbolehkan memasuki tempat wisata yang sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan syarat didampingi orang tua,"kata Anies dalam salinan Kepgub 1245/2021.

 

Berikut ketentuan operasional tempat wisata dan fasilitas umum di Jakarta selama PPKM Level 2:

 

  1. Jam operasional sampai dengan Pukul 21.00 WIB
  2. Kapasitas maksimal 25 persen
  3. Mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dan/atau kementerian/lembaga terkait
  4. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai
  5. Anak dengan usia di bawah 12 tahun diperbolehkan memasuki tempat wisata yang sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan syarat didampingi orangtua.
  6. Penerapan ganjil-genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 WIB - Minggu 18.00 WIB.

Diizinkannya anak usia di bawah 12 tahun untuk berkunjung ke tempat wisata membuat tempat-tempat wisata di Jakarta mengalami kenaikan pengunjung. Salah satunya adalah obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah.

#dufan #Jakarta #TMII #ancol