Wiwi
Wiwi

Rabu, 06 Oktober 2021 07:08

Potret kendaraan di India.
Potret kendaraan di India.

Masuk Daftar Negara Terbising di Dunia, India Bakal Ubah Klakson Jadi Suara Musik

Menteri Transportasi India sedang mempertimbangkan undang-undang menggantikan hiruk-pikuk klakson kendaraan dengan suara musik.

BUKAMATA – Menteri Transportasi India sedang mempertimbangkan undang-undang menggantikan hiruk-pikuk klakson kendaraan dengan suara musik.

Ini dilakukan, lantaran India masuk dalam daftar salah satu negara terbising di dunia.

"Saya sedang mempelajari ini dan segera berencana membuat undang-undang bahwa klakson semua kendaraan harus menggunakan alat musik India agar enak didengar," kata Nitin Gadkari dikutip Bukamata melalui media AFP, Rabu (6/10/2021).

Menurutnya, suara klakson yang memekakkan telinga bisa diganti dengan seruling, tabla, biola, organ tiup atau harmonium.

Gadkari juga mengatakan dia ingin mengganti sirine yang digunakan oleh ambulans dan kendaraan polisi dengan nada yang menenangkan.

India adalah rumah bagi beberapa kota paling bising di dunia. Kendaraan seperti becak, bus, taksi, sepeda motor dan mobil pribadi berebut ruang di jalan yang macet.

Klakson dianggap hampir sama pentingnya dengan pedal gas, dan lebih dari kaca spion.

Pengemudi sering sekali menggunakannya untuk mengingatkan pengguna jalan lain tentang kehadiran mereka daripada sekedar menegur.

Truk warna-warni India sering memiliki pesan yang dicat kendaraannya yang ditujukan untuk menyalip pengemudi, seperti "Tolong Klakson OK" atau "Tiup Klakson".

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia telah mengatakan bahwa polusi suara dapat menyebabkan gangguan pendengaran, masalah kardiovaskular, gangguan kognitif, stres dan depresi.

#India #Unik #musik