Aswad Syam
Aswad Syam

Jumat, 24 September 2021 14:38

Ade Vernanda dan ayahnya.
Ade Vernanda dan ayahnya.

Ingin Fokus Rawat Ayahnya yang Sakit, Pria Ini Mundur sebagai Anggota DPRD Solsel

Ade Vernanda memilih meninggalkan zona nyamannya di DPRD Solsel. Baktinya sebagai anak menunggu. Sang ayah sedang sakit. Ade adalah anak laki-laki satu-satunya. Merawat ayahnya adalah jalan bakti yang dipilihnya. Dia pun mundur dari posisi anggota DPRD Solsel.

SUMBAR, BUKAMATA - Ade Vernanda sudah memikirkan matang-matang. Dia harus menyiapkan banyak waktu merawat ayahnya yang sakit. Dia juga tak ingin terkesan makan gaji buta sebagai wakil rakyat. Karenanya, Ade memutuskan mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat.

Pada 6 September 2021, Ade mantap menyerahkan surat pengunduran dirinya. Baginya, merawat sang ayah adalah jalan bakti yang harus dia lalui. "Saya ingin fokus merawat papa yang sakit," ujarnya usai menyerahkan surat pengunduran dirinya di KPU Solsel.

Terkait surat tersebut, Ketua KPU Solsel, Nila Puspita mengatakan sudah menerima. Sekarang kata dia, sudah diverifikasi. Pihaknya mencari siapa perolehan suara terbanyak berikutnya berdasarkan rekapitulasi yang ditetapkan pada Pemilihan Legislatif 2019.

Peraih suara terbanyak di bawah Ade tersebut kata Nila, sedang diklarifikasi KPU Solsel ke partai yang bersangkutan. Apakah masih terdaftar sebagai anggota atau tidak.

“Setelah dilakukan semua prosesnya didapatkan perolehan suara kedua di Partai PAN Dapil I Sangir adalah Afri Nofiardi dengan 653 suara,” ujar Nila.

KPU Solsel kata Nila, sudah memplenokan hasil tersebut. Hasil itu dikembalikan lagi ke DPRD Solsel untuk proses pergantian antar waktu (PAW).

Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Ali Sabri Abas mengatakan, Ade merupakan anak laki-laki satu-satunya di keluarga. Sehingga, dia menjadi tumpuan satu-satunya untuk merawat sang ayah.

“Dia tidak ingin pekerjaan sebagai wakil rakyat terganggu. Karenanya, dia (Ade) memilih mengundurkan diri dari anggota DPRD,” ujar Ali.

Surat pengunduran diri Ade sudah diterima PAN Solsel. Menurut Ketua DPD PAN Solsel, Erwin Ali, pihaknya meneruskan ke DPP. Katanya, Ade hanya mundur sebagai anggota DPRD Solsel. Tapi tetap sebagai kader di partai matahari terbit itu.

#kisah haru #Kisah inspiratif